Tak Ada Jaringan Internet dan Smartphone, SMAN 1 PUS Tak Laksanakan PJJ

Tak Ada Jaringan Internet dan Smartphone SMAN 1 PUS Tak Laksanakan PJJ SMAN 1 Pagai Utara Selatan (Foto : Supri/ MentawaiKita)

SIKAKAP-SMAN 1 Pagai Utara Selatan, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai tak bisa melaksanakan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sebab sekolah tak memiliki jaringan internet dan banyak siswa yang tidak memiliki smartphone. Selain itu, di Sikakap juga belum memiliki jaringan Telkomsel 4G.

Kepala SMAN 1 PUS, Musyofah, mengatakan sekolahnya terpaksa menggelar belajar tatap muka meski di tengah ancaman pandemi Covid-19.

Siswa belajar di sekolah tiga kali dalam seminggu. Jadwal siswa kelas X belajar Senin, kelas XI belajar Selasa, dan kelas XII Rabu belajar, sementara Kamis sampai Sabtu siswa belajar di rumah. Jadwal belajar itu merupakan saat siswa menjemput tugas untuk dikerjakan di rumah yang dimulai pada pukul 07.30 WIB sampai 12.00. Sementara guru tetap masuk sekolah.

"PJJ tidak bisa dilakukan di SMAN 1 PUS hal ini disebabkan Jaringan internet dan banyak siswa yang tidak memiliki hp android, adapun siswa yang memiliki hp android kendala utama sinyal 4G tidak ada, kalau ingin mendapatkan sinyal internet siswa terpaksa harus pergi ke kantor pemerintahan atau sekolah-sekolah yang memiliki internet bantuan dari Kominfo,"kata Musyofah kepada MentawaiKita.com Senin (5/10/2020).

Agar siswa terhindar dari penularan Covid-19, mereka wajib melaksanakan protokol kesehatan yakni sebelum masuk kelas siswa diwajibkan cuci tangan dengan sabun di air mengalir, pakai masker, dan jaga jarak minimal 1 meter sampai 1,5 meter, dalam kelas siswa hanya 50 persen.

Dirinya mengaku guru-guru tak bisa mengontrol cara belajar siswa di rumah masing-masing sebab tempat tinggal siswa berjauhan yakni di Desa Silabu, Betu Monga, Taikako, Matobe dan Sikakap.


BACA JUGA