SMAN 1 PUS Gunakan BOS Sewa Jaringan Internet

SMAN 1 PUS Gunakan BOS Sewa Jaringan Internet Jaringan internet dari Bakti Kominfo pusat terpasang di SMP Tri Bakti Sikakap (Foto : Supri/MentawaiKita)

SIKAKAP—SMAN 1 Pagai Utara Selatan, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai terpaksa menyewa alat jaringan internet milik Telkomsel menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) agar mendapat akses internet untuk kebutuhan pengiriman data di sekolah.

Kepala SMAN 1 PUS, Musyofah, mengatakan keputusan menyewa internet tersebut disebabkan proposal mereka untuk pengadaan jaringan kepada Dinas Kominfo Kabupaten Kepulauan Mentawai belum dikabulkan.

Musyofah menyebutkan biaya pemasangan alat internet sebesar Rp24 juta. Sementara sewa tiap bulan sebesar Rp4 juta sudah termasuk pajak.

Menurut nota kesepahaman (MoU) antara SMAN 1 PUS dengan pihak Telkomsel, pemasangan internet akan dimulai pada November dan diaktifkan pada Desember tahun ini.

Dana sewa yang sedikit membuat jatah internet SMAN 1 PUS dari Telkomsel hanya berkapasitas 512 kilobite per sekon tiap bulan.

“Harapan kami pihak SMAN 1 PUS kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, dan Kominfo Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk dapat membantu SMAN 1 PUS dalam hal pengadaan internet sekolah, supaya dana BOS yang digunakan untuk sewa internet sekarang bisa digunakan untuk kepentingan siswa," katanya

Menurut Musyofah kebutuhan jaringan internet sangat mendesak sebab sekolah kesulitan mengirim Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Selama ini sekolah terpaksa menumpang ke sekolah lain atau kantor pemerintahan jika ingin mengirimkan data sekolah ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Yang manjadi masalah besar karena tidak ada internet SMAN 1 PUS selalu terlambat dan susah dalam mendaftarkan siswa masuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan lainya,” kata Musyofah kepada MentawaiKita.com, Senin (5/10/2020).

Jika mau mendaftarkan siswa ikut SNMPTN, salah seorang guru harus dikirim ke Padang untuk sebab sekarang ini semua sudah pakai teknologi informasi internet.

Musyofah menyebutkan sekolahnya telah mengajuka proposal bantuan jaringan internet kepada Kominfo Kabupaten Kepulauan Mentawai bahkan sudah langsung disampaikan waktu Musrenbang Tingkat Kecamatan Sikakap tapi sampai sekarang belum juga ada jawaban.

Pad Juli lalu,  Bakti Kominfo Pusat telah menyalurkan 17 unit internet di Pagai Utara Selatan (PUS) tapi dari 17 titik pemasangan internet SMAN 1 PUS tidak masuk dalam data penerima.


BACA JUGA