Nelayan yang Hilang Kontak di Sikabaluan Ditemukan Selamat

Nelayan yang Hilang Kontak di Sikabaluan Ditemukan Selamat Nofialdi (tengah) nelayan yang hilang kontak di laut berhasil diselamatkan (Foto : Bambang/MentawaiKita)

SIKABALUAN-Nofialdi (30) nelayan asal Dusun Pokai Desa Muara Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai yang hilang kontak sejak Kamis (1/10/2020) akhirnya ditemukan selamat pada Minggu (4/10/2020) oleh kapal ikan dari Padang menuju Lobajau Desa Sigapokna Kecamatan Siberut Barat sekira pukul 13.00 WIB.

"Diselamatkan oleh kapal nelayan dari Padang menuju Lobajau", kata Sertu. K.F Purba, anggota Koramil 01 Sikabaluan yang ikut menjemput di Lobajau pada Mentawaikita.com, Minggu (4/10/2020).

Menurut keterangan yang dihimpun dari pihak keluarga yang menjemput ke kapal ikan yang membawanya dari lokasi ditemukan mengatakan bahwa pihak kapal menemukan Nofialdi di atas sampan pompong miliknya.

Di atas kapal ikan yang berangkat dari Padang menuju Lobajau terdapat salah seorang warga Lobajau dan mengenali korban serta memiliki nomor handphone pihak keluarga korban. Warga tersebut memberikan pesan singkat kepada pihak keluarga yang ada di Pokai untuk menjemput korban di Lobajau karena kapal sedang berlayar menuju Lobajau.

"Mendapat pesan sms itu akhirnya boat berangkat dan diarahkan kesana," kata Mardianis alias Midun pihak keluarga korban pada Mentawaikita.com.

Midun mengatakan korban ditemukan oleh kapal ikan di atas sampannya. Kondisi sampan tidak ada yang rusak dan mesin pompongnya sebanyak dua unit tetap berada diposisi. Yang habis hanya BBMnya.

"Dia tetap berada di atas sampannya menunggu datangnya pertolongan," kata Midun.

Midun menyebutkan, selama tim gabungan yang terdiri dari Basarnas Mentawai, BPBD Mentawai, Koramil 01 Sikabaluan, Polsek Sikabaluan, Syahbandar, Perhubungan, Pol PP dan unsur masyarakat melakukan pencarian menggunakan RIB 02 Basarnas Mentawai, speedboat, Tangboat Virgo Power dari Kamis (1/10/2020) korban melihat dan memberikan kode dengan membuat api sebagai petunjuk.

"Dia melihat tim yang mencari dan memberikan tanda, namun tim yang mencari tidak melihat. Dia membakar kain untuk memunculkan api sebagai tanda, namun tim yang mencari tetap tidak melihat," katanya.

Nofialdi, korban nelayan hilang yang ditemukan selamat pernah hilang kontak saat melaut pada April 2019. Setelah dilakukan pencarian akhirnya ditemukan sehari sejak hilang kontak dan selamat. Pada saat itu mesin pompong miliknya mengalami kerusakan sehingga tidak bisa pulang.


BACA JUGA