Peserta Tes Swab di Puskesmas Muara Sikabaluan Meningkat

Peserta Tes Swab di Puskesmas Muara Sikabaluan Meningkat Salah seorang warga Sikabaluan, Siberut Utara sedang menjalani tes usap (swab) di Puskesmas Muara Sikabaluan, Mentawai. (Foto: Bambang/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Setelah adanya temuan kasus positif Covid-19 di wilayah kerja Puskesmas Muara Sikabaluan pada 24 September lalu, terjadi peningkatan peserta swab tes di Puskesmas Muara Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara, Mentawai pada Sabtu (26/9/2020). 

"Hari ini kita mengirimkan 72 sampel swab," kata Marojahan Sitorus, Kepala Puskesmas Muara Sikabaluan pada Mentawaikita.com, Sabtu (26/9/2020). 

Pada dua kali pengiriman sampel swab tes sebelumnya, Sabtu (19/9/2020) sebanyak 52 sampel tes dan pada Selasa (22/9/2020) sebanyak 47 sampel. Dan untuk pengiriman ketiga sebanyak 72 sampel. Peningkatan ini selain dari orang yang kontak erat dengan tiga orang yang terpapar Covid-19, juga adanya kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap kasus Covid-19 di wilayah Kecamatan Siberut Utara yang sebelumnya masuk wilayah zona hijau. 

"Saya ikut dengan istri untuk memastikan apakah kami aman atau tidak karena kita tidak tahu sedang sehat-sehat begini tahu-tahunya sudah kena Corona (Covid-19)," kata Fidelis Leman, salah seorang peserta swab tes.

Pantauan Mentawaikita.com di lapangan, ASN dan tenaga kontrak serta honor yang ada di instansi pemerintah yang ada di wilayah Kecamatan Siberut Utara seperti di SD, SMP, SMA, Korwil Pendidikan, UPT PU, Ketahanan Pangan dan instansi lainnya belum banyak berpartisipasi untuk ikut swab tes sesuai dengan Surat Instruksi Bupati Mentawai Nomor : 800/4491/BUP-2020 Tentang Pemeriksaan RT-PCR (Swab) ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mentawai dalam pencegahan covid-19. Yang baru ikut yaitu petugas kesehatan di wilayah Puskesmas Muara Sikabaluan dan Sigapokna, pegawai Kantor Camat Siberut Utara. 

BACA JUGA