Pemkab Mentawai Salurkan Bantuan Senilai Rp6 Miliar Untuk Nelayan

Pemkab Mentawai Salurkan Bantuan Senilai Rp6 Miliar Untuk Nelayan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake menyerahkan bantuan jaring kepada nelayan. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai tahun 2020 menganggarkan Rp6 miliar dana bantuan untuk nelayan di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai menganggarkan dana sebesar Rp6 miliar untuk membantu nelayan yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai,"kata Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake,  Jumat (25/9/2020).

Korta menyebutkan, sumber dana tersebut dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat dan Dana Alokasi Umum (DAU) Kabupaten Kepulauan Mentawai, bantuan berupa mesin boat 4 PK, 5 PK, dan 15 PK,

Jumlah kelompok nelayan yang menerima  bantuan mesin boat di Kabupaten Kepulauan Mentawai sebanyak 12 kelompok, sementara kelompok yang menerima bantuan jaring sebanyak 20 kelompok, selain memberikan bantuan mesin boat dan jaring Pemkab Mentawai juga memberikan bantuan berupa bubu (alat tangkap ikan) dan lainnya yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat nelayan.

"Imbauan pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai kepada nelayan yang menerima bantuan agar mengunakan bantuan tersebut sesuai dengan fungsinya, jangan bantuan itu dijual. Sesuai dengan data statistik bantuan yang diberikan kepada nelayan sampai sekarang belum bisa meningkatkan ekonomi masyarakat nelayan,” terangnya.

Lanjut Korta, kalau tidak juga ada manfaatnya setiap bantuan yang diberikan tahun 2021 bantuan untuk nelayan akan di hilangkan. “Kepada kelompok yang menerima bantuan supaya dapat memberikan laporan perkembangan kelompoknya kepada Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Mentawai paling tidak satu kali dalam tiga bulan,” katanya.

Dwi Yanricka, pelaksana pada Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Mentawai menyebutkan, sekarang ini Jumat (25/9) Pemkab Mentawai menyalurkan bantuan jaring gilnet untuk 3 kelompok di Pagai Utara Selatan (PUS).

Tiga kelompok tersebut yakni kelompok Koronan Mai, Dusun Tunang Tunggut, Desa Saumanganya, Kecamatan Pagai Utara, jumlah anggotanya 10 orang, jumlah bantuan jaring yang diberikan 10 set.

Kelompok Arepi Dusun Pinairuk, Desa Saumanganya, Kecamatan Pagai Utara jumlah anggotanya 20 orang, bantuan jaring yang diberikan sebanyak 20 set. Dan kelompok Sejahtera, Dusun Manganjo, Desa Saumanganya, Kecamatan Pagai Utara, jumlah anggotanya 10 orang, jaring yang diberikan sebanyak 10 set jaring.


BACA JUGA