Ada Temuan Kasus Positif Covid-19, Puskesmas Muara Sikabaluan Tutup Tiga Hari

Ada Temuan Kasus Positif Covid19 Puskesmas Muara Sikabaluan Tutup Tiga Hari Puskesmas Muara Sikabaluan di Kecamatan Siberut Utara, Mentawai tutup tiga hari karena ada temuan kasus positif Covid-19. (Foto: Bambang/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Puskesmas Muara Sikabaluan di Kecamatan Siberut Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai ditutup selama tiga hari karena adanya temuan kasus positif Covid-19. Pelayanan puskesmas akan ditutup selama tiga hari mulai Jumat (25/9/2020) hingga Minggu (27/9/2020). Sementara layanan kesehatan dibuka di Puskesmas Pembantu yang berlokasi di gedung puskesmas lama di Dusun Muara.

"Untuk sementara pelayanan kesehatan untuk masyarakat kita tutup di puskesmas dan kita alihkan ke pustu, di puskesmas lama," kata Kepala Puskesmas Muara Sikabaluan, Marojahan Sitorus pada Mentawaikita.com, Jumat (25/9/2020).

Penutupan sementara ini berdasarkan penyampaian Camat Siberut Utara, Agustinus Sab pada saat melakukan peninjauan langsung pasien Covid-19 dan kesiapan ruang isolasi di Puskesmas Muara Sikabaluan bersama Kapolsek Sikabaluan, Iptu. Jennedi dan Koramil Sikabaluan.

"Ini berdasarkan penyampaian Camat untuk ditutup selama tiga hari. Selanjutnya akan dilihat setelah sampel ke dua yang dikirim pada Selasa (22/9) keluar dari laporan Laboratorium Unand Padang," katanya.

Meski pelayanan di Puskesmas Muara Sikabaluan tutup, bagi masyarakat yang ingin melakukan swab tes tetap akan dilayani dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai Covid-19 di wilayah kerja Puskesmas Muara Sikabaluan yang akan dibuka pada Sabtu (26/9/2020) mulai pukul  07.30-10.00 WIB dan mendaftarkan diri pada Jumat dengan melampirkan KTP.

"Yang mendaftar secara online untuk ikut swab tes sudah banyak," katanya.

Pelayanan swab tes gratis di Puskesmas Muara Sikabaluan ini dibuka dua kali dalam satu minggu berdasarkan jadwal Mv. Mentawai Fast, pada Selasa dan Sabtu. Hal ini dilakukan karena sampel yang diambil langsung dikirim ke Laboratorium Universitas Andalas Padang untuk diperiksa menggunakan Mv. Mentawai Fast.

Sementara hasil swab tes yang dikirim pada Selasa, (22/9/2020), pihak Puskesmas Muara Sikabaluan masih menunggu hasil dari laporan Labor Unand Padang atau dari Satgas Kabupaten Mentawai.

"Untuk hasil sampel yang kita kirim pada Selasa sebanyak 42 sampel akan keluar hari ini atau besok," katanya.

BACA JUGA