Hasil Tes Swab 42 Sampel dari Puskemas Sikabaluan Dinyatakan Negatif

Hasil Tes Swab 42 Sampel dari Puskemas Sikabaluan Dinyatakan Negatif Pengambilan sampel untuk uji swab di Puskesmas Sikabaluan, Siberut Utara, Mentawai. (Foto: Bambang/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Sebanyak 42 sampel dari 52 sampel swab tes yang dikirim Puskesmas Muara Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai ke Laboratorium  Universitas Andalas untuk diuji PCR, Sabtu (19/9/2020) hasilnya  dinyatakan negative Covid-19 berdasarkan informasi yang diterima Dinas Kesehatan Mentawai dan Puskesmas Muara Sikabaluan.

"Hasilnya sudah keluar tadi siang," kata Lahmuddin, Kepala Dinas Kesehatan Mentawai sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mentawai pada Mentawaikita.com, Selasa (22/9/2020).

Kepala Puskesmas Muara Sikabaluan, Marojahan Sitorus menambahkan, jumlah total sampel yang dikirim Sabtu lalu ada 52 sampel, 42 sampel sudah ada hasil dan dinyatakan negatif. Sementara untuk 10 sampel lagi masih dalam tahap pemeriksaan di Labor Unand Padang. "42 hasil yang sudah keluar dinyatakan negatif, sementara 10 sampel lagi masih kita tunggu," kata M. Sitorus.

Lebihlanjut dikatakan Sitorus, selain menunggu hasil pemeriksaan 10 sampel tersebut, Puskesmas Muara Sikabaluan juga telah mengirimkan sampel untuk tes swab (PCR) pada Selasa (22/9/2020). "Dari  42 sampel yang kita kirim terdiri dari staf Puskesmas Muara Sikabaluan, Puskesmas Sigapokna, TNI, masyarakat dan petugas desa," katanya.

Jadwal pengambilan swab tes di Puskesmas Muara Sikabaluan dilakukan tiap Selasa dan Sabtu sesuai dengan jadwal kapal Mv. Mentawai Fast dengan jam buka dari pukul 08.00-10.00 WIB dan terbuka untuk umum dengan syarat membawa KTP dan tidak dipungut biaya. 

BACA JUGA