YPBM Gelar Lomba Menggambar Aksesori Mentawai untuk Pelajar

YPBM Gelar Lomba Menggambar Aksesori Mentawai untuk Pelajar Peserta lomba sedang menggambar di salah satu sanggar binaan YPBM. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

MUNTEI- Yayasan Pendidikan Budaya Mentawai (YPBM) di Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai menggelar lomba menggambar aksesori dan alat budaya Mentawai untuk pelajar. Lomba digelar untuk umum dan diselenggarakan di empat sanggar binaan YPBM.

Ketua Yayasan Pendidikan Budaya Mentawai (YPBM) Fransiskus mengatakan, lomba digelar untuk mengisi waktu para pelajar yang belajar dari rumah di masa pandemi Covid-19. Lomba diadaan di Sanggar Pasigeugeu, Sanggar Jaraik Sikerei, Sanggar Totoirak dan Sanggar Bubuakat Simalainge.

"Jadi lomba ini diadakan di sanggar, pesertanya di Sanggar Pasigeugeu ada 17 orang, Jaraik Sikerei ada 31 orang, Totoirak  ada 17 orang dan Bubuakat Simalainge 15 orang, total pesertanya ada 80,” kata Fransiskus, Rabu (16/9/2020).

Lomba ini, jelas Fransiskus, juga untuk mengekspresikan diri para pelajar Mentawai terkait pemahamannya tentang budaya Mentawai. “Kita lihat pesertanya cukup antusias, mereka menggambar sabok untuk sikerei, asesoris budaya dan lainnya,” katanya.

Para peserta lomba mendapatkan kertas dan alat gambar dari YPBM. Jurinya dari tim YPBM dan pemenangnya nanti akan mendapatkan sertifikat dan uang saku.

Jadi selama pandemi ini anak-anak jarang ke sekolah karena lebih banyak belajar  di rumah makanya kita ada inisiatif untuk mengadakan perlombaan dan kami tetap mengikuti protokol kesehatan selama lomba,” katanya

BACA JUGA