2.095 UMKM di Mentawai  Akan Dapat Subsidi

2095 UMKM di Mentawai  Akan Dapat Subsidi Penampung pisang salah satu usaha yang dibantu sebagai calon penerima bantuan stimulus UMKM. (Foto: Bambang/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI akan memberikan bantuan stimulus kepada 12 juta pelaku UMKM di Indonesia termasuk di Kabupaten Mentawai, besar bantuan masing-masing UMKM tersebut senilai Rp2,4 juta.

Di Desa Muara Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara, pihak pemerintah desa sudah melakukan pendataan usaha kelompok masyarakat untuk diusulkan sebagai calon penerima bantuan stimulus yang terdiri dari lima dusun, Dusun Muara, Dusun Nangnang, Dusun Pokai, Dusun Puran dan di Dusun Bose.

"Ini salah satu peluang masyarakat untuk menumbuhkan ekonomi dan meningkatkan usaha ekonomi ditengah Covid-19,” kata Aprijon, Kepala Desa Muara Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara, Selasa (15/9/ 2020)

Berdasarkan pendataan awal yang dilakukan di lapangan, jenis usaha kecil dan menegah yang ada di Desa Muara Sikabaluan diantaranya usaha makanan ringan, usaha jualan sayur, usaha elektronik, usaha kue, usaha kerupuk, usaha bengkel, rumah makan, lapak ikan, usaha menjahit, usaha fotocopy, ternak ayam dan itik, usaha merajut, eceran BBM, ikan kering.

Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah di Dinas Koperasi, Perinduatrian, Perdagangan, Usaha Mikro Kecil dan menengah Kabupaten Mentawai, Yuanita M Goretty mengatakan hingga saat ini hasil pendataan usaha masyarakat yang ada di Mentawai sebanyak 2.095 UMKM.

"Masih ada perpanjangan waktu yang diberikan oleh Kementerian sehingga kita berharap desa bekerjasama dengan kecamatan melakukan pendataan masyarakat pemilik usaha kecil untuk kita ajukan ke Kementerian", katanya pada Mentawaikita.com.

Lebihkanjut dikatakannya, perpanjangan waktu yang diberikan oleh Kementerian karena belum terpenuhinya kuota UMKM dari yang ditargetkan untuk diberikan bantuan stimulus yaitu 12 juta UKM seluruh Indonesia.

"Untuk di Mentawai sendiri belum semua desa yang mendapatkan informasi serta belum mengirimkan data. Kita berharap hingga pertengahan September kuota terpenuhi dan semua UKM di Mentawai dapat diajukan sebagai calon penerima bantuan," kata Yuanita Goretty.

Untuk di Kecamatan Siberut Utara, dari enam desa yang ada baru dua desa yang mengirimkan data masyarakat pelaku UMKM, diantaranya Desa Muara Sikabaluan, Desa Sirilogui. Sementara Desa Bojakan, Desa Sotboyak, Desa Monganpoula dan Desa Malancan belum mengirimkan data. "Mungkin terkendala akses informasi ke desa dan kendala mengirimkan data,” katanya.


BACA JUGA