Mengaku Sibuk, Pemilik Gerai HP di Sikabaluan Wakilkan Urus Surat Rapid Test

Mengaku Sibuk Pemilik Gerai HP di Sikabaluan Wakilkan Urus Surat Rapid Test Pihak puskesmas Sikabaluan dan Koramil Sikabaluan melakukan pemeriksaat surat keterangan bebas gejala corona di pelabuhan Pokai. (Foto: Bambang/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Petugas kesehatan Puskesmas Sikabaluan dan Koramil 01 Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara yang melakukan pengawasan penumpang dari Tuapeijat Sipora Utara menuju pelabuhan Siberut dan Sikabaluan pada Sabtu, 12 September 2020 berhasil menjaring penumpang yang mengelabui petugas dari surat keterangan bebas gejala dalam rangka pencegaham dan penanganan covid-19.

"Ini pemalsuan dan pembohongan data penumpang dan ini berakibat fatal bila oknum penumpang terpapar covid-19,” kata Sertu Kennedy Purba salah seorang anggota Koramil Sikabaluan yang bertugas pada pengawasan penumpang KM. Bakkat Minuang, Sabtu (12/9/2020).

Dalam pemeriksaan surat keterangan bebas gejala yang wajib dimiliki setiap penumpang kapal laut yang dikeluarkan dari puskesmas asal penumpang berangkat, pihak petugas kesehatan Puskesmas Sikabaluan dan Koramil 01 Sikabaluan menemukan perbedaan data antara surat keterangan kesehatan dengan KTP penumpang.

Dalam surat keterangan bebas gejala yang dikeluarkan Puskesmas Mapaddegat Kecamatan Sipora Utara atas nama Gunawan, tanggal lahir 07 Desember 1998 asal Dusun Saimangakbebegen, pekerjaan mahasiswa dan suhu badan 36,7 derajat celsius. Sementara yang melakukan perjalan dari Tuapeijat tujuan Sikabaluan berdasarkan KTP atas nama Hari Yanto, tempat tanggal lahir Lambak, 04 Februari 1983 dengan alamat Tuapeijat.

"Jelas ada pembohongan kepada petugas. Dan ini mau mengelabui petugas pengawasan di Sikabaluan,” kata Serda A.S Manurung, anggota Koramil 01 Sikabaluan lainnya.

Berdasarkan keterangan Hari Yanto, perbedaan identitas di surat keterangan bebas gejala yang dikeluarkan Puskesmas Mapaddegat dengan di KTP karena untuk mengurus surat keterangan di posko Satgas covid-19 Sipora Utara diwakili oleh saudaranya.

"Saya sibuk kerja sehingga saya minta adik saya yang mengurus suratnya sehingga ada perbedaan data antara di surat kesehatan dengan di KTP saya,” jelasnya mengakui.

Dikatakan Hari Yanto, kedatangannya ke Sikabaluan untuk mengantarkan barang-barang jualan di gerai handphone yang dibukanya di Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara. "Saya balik juga hari Senin. Saya datang hanya untuk mengantarkan barang saja,” katanya.

Oleh pihak petugas kesehatan di Puskesmas Sikabaluan dan koramil Sikabaluan meminta Hari Yanto selama di Sikabaluan tidak berkeliaran atau berbaur dengan masyarakat serta balik ke Tuapeijat pada Senin saat KM. Bakkat Menuang kembali bertolak dari Pelabuhan Pokai menuju Pelabuhan Tuapeijat. 

BACA JUGA