Pasien Rujukan Puskemas Sikabaluan Reaktif, Nakes Dirapid

Pasien Rujukan Puskemas Sikabaluan Reaktif Nakes Dirapid Nakes Sikabaluan melakukan rapid test. (Foto: Bambang/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Semua petugas Puskesmas Muara Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara mengikuti rapid test pada Sabtu, 12 September 2020 setelah pasien dari Puskesmas Sikabaluan yang dirujuk ke RSUD Mentawai pada Sabtu, 12 September 2020 hasil rapid testnya reaktif.

"Ada pasien rujukan kita tadi pagi di RSUD Mentawai setelah dilakukan rapid test disana hasilnya reaktif sementara ada kontak pasien dengan petugas kesehatan di puskesmas Sikabaluan,” kata Marojahan Sitorus, Kepala Puskesmas Sikabaluan pada Mentawaikita.com, 12 September 2020.

Kata Sitorus, pasien yang di rujuk di RSUD Mentawai pada Sabtu, 12 September 2020 pagi menggunakan long boat sebelumnya menjalani perawatan di Puskesmas Sikabaluan satu malam.

"Karena banyak yang petugas kesehatan yang kontak langsung dengan pasien makanya kita perintahkan untuk rapid test guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi dan menyebar,” katanya.

Tak hanya sebatas melakukan rapid test, pihak Puskesmas Sikabaluan juga akan melakukan swab test pada semua petugas kesehatan di Puskesmas Sikabaluan pada Selasa, 15 September 2020 untuk mendapatkan kepastian dari hasil swab test kalau petugas kesehatan di Puskesmas Sikabaluan tidak ada yang terpapar covid-19. "Kita juga akan melakukan swab tes pada semua petugas untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat", katanya.

Petugas yang akan mengambil swab test yaitu petugas kesehatan di Puskesmas yang telah mengikuti pelatihan di Tuapeijat dan di Puskesmas Sikabaluan. "Sudah ada petugas kita yang mengikuti pelatihan di Tuapeijat dan Sikabaluan. Mereka langsung yang akan turun untuk mengambil swab test", katanya. 


BACA JUGA