Keluarga Pasien Covid-19 di Sikakap Jalani Tes Swab Kedua

Keluarga Pasien Covid19 di Sikakap Jalani Tes Swab Kedua Keluarga pasien Covid-19 datang ke Puskesmas SIkakap di Sikakap, Mentwai untuk tes swab kedua, Rabu (9/9/2020). (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP—Keluarga pasien Covid-19 asal Manganjo Desa Saumanganya Kecamatan Pagai Utara, Mentawai yang sedang menjalani isolasi di Puskesmas Sikakap menjalani tes swab kedua, Rabu (9/9/2020). Keluarga dan kerabat pasien yang tinggal di Desa Sikakap ini sempat kontak dengan pasien sehingga harus melakukan swab tes.

Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar mengatakan, hasil swab pertama keluarga pasien Covid-19 tersebut negatif.  "Kalau hasil swab kedua negatif maka keluarga pasien yang diduga kontak erat dengan pasien positif Covid 19 asal Dusun Manganjo akan mendapat surat bebas Covid-19 dari Puskesmas Sikakap, berdasarkan surat tersebut maka keluarga pasien boleh bergaul kembali di tengah-tengah masyarakat, Gugus Tugas Pencegahan Penularan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai mengimbau kepada masyarakat yang ada di Mentawai supaya tetap menjalankan protokol kesehatan seperti pakai masker, cuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan jaga jarak minimal 1 meter sampai 1,5 meter," katanya kepada Mentawaikita.com, Rabu (9/9/2020).

Suratmi, Plt. Kepala Puskesmas Sikakap, mengatakan swab kedua dilakukan kepada enam orang keluarga yang diduga kontak erat dengan pasien positif Covid-19 asal Dusun Manganjo, Desa Saumanganya, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Kalau hasil swab kedua keluar maka Puskesmas Sikakap akan mengeluarkan surat bebas Covid-19, berdasarkan surat tersebut maka mereka sudah dinyatakan bebas Covid 19 dan mereka sudah bisa bergaul kembali dengan masyarakat," katanya.

Sementara Haradet Sababalat, Kepala Dusun Sikakap Barat, mengatakan sejak Rabu (2/9/2020), delapan orang keluarga pasien Covid 19 asal Dusun Manganjo dikarantina mandiri di rumahnya, hal ini disebabkan karena kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

"Untuk meringankan beban keluarga kami dari masyarakat yang tinggal di sekitar rumah mereka telah mengumpulkan sumbangan dan sumbangan yang diberikan kepada keluarga yang sedang karantina," katanya.

BACA JUGA