Akibat Badai Nelayan Tak Melaut dan Warga Siberut Kesulitan  Mencari Ikan 

Akibat Badai Nelayan Tak Melaut dan Warga Siberut Kesulitan  Mencari Ikan  Ibu-ibu berebutan membeli ikan tamban karena tak ada ikan besar. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

MUARASIBERUT-Akibat cuaca badai di wilayah Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai membuat nelayan sulit mencari ikan, warga pun kesulitan mendapatkan ikan untuk kebutuhan sehari hari.

Isauk warga di Siberut Selatan mengatakan, untuk saat ini mencari ikan di Muara Siberut sangat sulit dan biasanya mencari ikan pada pagi hari namun yang dapat hanya ikan kecil. “Kalau ikan besar tidak ada sama sekali, kabarnya karena badai dan angin kencang membuat nelayan tak melaut sehingg di tempat penjualan ikan di Muara Siberut kosong,” katanya, Kamis (3/9/2020)

Isauk menambahkan kelangkaan ikan ini sudah hampir seminggu ikan tidak ada dan sulit didapat, terpaksa harus beli telur, dan ikan teri yang lumayan mahal untuk telur satu lapik seharga Rp45 ribu  dan ikan teri tergantung beratnya. “Kalau ada ikan tapi tidak banyak dan harganya mahal," katanya. 

Untuk ikan kata Isauk, sementara apa adanya saja, ikan apa yang dapat dimakan kadang tak ada sambal, saat ini mau keluar cari ikan dilihat dulu kalau ada yang melaut pasti ikan dapat tapi kalau kondisi saat ini angin kencang kemungkinan tidak akan ada ikan. 

Veronika warga lain menambahkan, mencari ikan di Muara saat ini sangat sulit dia sudah berkeliling di Muara Siberut namun tidak dapat, dan di jalan pun tak ada ikan yang dijual biasanya kalau ikan banyak disepanjang jalan sudah ada orang menjual ikan baik digerobak dorong maupun yang di jalanan. 

"Terpaksa saat ini harus beli ikan teri di pasar dan cabai untuk dimasak di rumah agar malam ada sambal, karena tak ada ikan yang mau dibeli, saat ini memang mulai badai dan angin kencang membuat nelayan tak melaut. Mudah mudah kedepan cuaca akan bagus nelayan kembali melaut dan kami tak lagi kesulitan mencari ikan walaupun tidak setiap hari kami mencari ikan,” katanya. 


BACA JUGA