Warga Saumanganya Positif Covid-19, Begini Kronologisnya 

Warga Saumanganya Positif Covid19 Begini Kronologisnya  Pasien Covid-19 lagi dijemput dengan mobil ambulan untuk dibawa keruang isolasi Puskesmas Sikakap. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Seorang Warga Dusun Manganjo Desa Saumanganya Kecamatan Pagai Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai yang merupakan penumpang kapal Perintis Sabuk Nusantara 68 dikonfirmasi positif Covid-19. Sekarang pasien berusia 23 tahun itu menjalani isolasi di Puskesmas Sikakap, Rabu (2/9/2020).

Penumpang tersebut merupakan penumpang Kapal Perintis Sabuk Nusantara 68 yang berangkat dari Padang menuju Mentawai, Jumat (28/8/2020). Persinggahan pertama kapal di Pelabuhan Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara untuk menurunkan penumpang, Sabtu (29/8/2020). Ternyata salah satu penumpang yang turun di Tuapeijat terkonfirmasi positif Covid-19. Penumpang tersebut diketahui berasal dari Sijunjung.

Namun informasi itu baru diketahui pihak kapal setelah kapal melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Syahbandar Sikakap, Kecamatan Sikakap, Pagai Utara Selatan. Karena itu saat kapal merapat di Pelabuhan Syahbandar Sikakap, 102 penumpang bersama 22 kru kapal tidak dibolehkan turun dan menjalani karantina di kapal sampai dilakukan pengambilan sampel untuk tes swab. Pada Minggu siang (30/8/2020), pengambilan sampel pertama dilakukan dan selanjutnya Selasa (1/9/2020) pengambilan sampel kedua.

Usai hasil uji swab pertama keluar ternyata diketahui ada satu lagi penumpang yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang merupakan warga Manganjo tersebut. Hasil positif diketahui setelah seluruh penumpang dibolehkan turun kapal dan pulang ke rumah untuk menjalani isolasi mandiri di rumah. 

"Sesuai hasil swab pertama dari 122 yang diambil sampel swabnya ada satu orang yang dinyatakan positif Covid 19, pasien tersebut umur 23 tahun warga Dusun Manganjo, Desa Saumanganya, Kecamatan Pagai Utara. Untuk memastikannya seluruh penumpang kapal Perintis Sabuk Nusantara 68 sudah diambil kembali swab keduanya pada hari Selasa, 1 September oleh petugas Puskesmas Sikakap di atas kapal Perintis Sabuk Nusantara 68," kata Lahmuddin Siregar, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rabu (2/9/2020).

Lahmuddin menyebutkan, sekarang ini masih menunggu hasil swab kedua, kepada masyarakat diimbau  agar tetap patuh protokol kesehatan seperti pakai masker, cuci tangan dengan sabun di air mengalir,dan jaga jarak minimal 1 meter sampai 1,5 meter, kalau tidak perlu jangan keluar rumah.

Suratmi, Plt Kepala Puskesmas Sikakap menyebutkan, pasien yang positif Covid 19 dari penumpang Kapal Perintis Sabuk Nusantara 68 sekarang sudah diisolasi di Puskesmas Sikakap.

Sementara Fransiskus Sakaletuk, Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Sikakap menjelaskan, sesuai informasi dari ibu Desti Seminora, Asisten II Setda Kabupaten Mentawai pukul 09.00 WIB melalui telpeon bahwa ada satu orang hasil swabnya positif Covid-19. “Berdasar informasi tersebut kami langsung mengecek data seluruh penumpang rupanya ada nama pasien tersebut dan lengkap dengan nomor teleponnya.

Tim langsung mengontak pasien tersbeut dan ternyata yang bersangkutan belum pulang ke rumahnya di Manganjo dan masih berada di rumah kerabatnya di Masabuk, Dusun Sikakap Barat. Mendapat kabar itu Pemerintah Kecamatan Sikakap, didampingi Danramil 04 Sikakap Kapten Inf Putra Damanik, Waka Polsek Sikakap Ipda Yanuar, Poskamla Sikakap Peltu Dwi Wahyono, Satpol PP dan Plt Kepala Puskesmas Sikakap Suratmi langsung menuju ke rumah pasien, dan pasien langsung dibawa dengan mobil ambulans ke Puskesmas Sikakap. “Pasien datang dari Padang sendiri,” katanya.

Kapten Inf Putra Damanik, Danramil 04 Sikakap mengatakan, dari 122 yang diambil sampel swab pertama ada satu yang dicurigai, rupanya satu itu dinyatakan positif Covid -19.


BACA JUGA