60 Siswa SMA Negeri 1 Pagai Utara Terima Uang PIP

60 Siswa SMA Negeri 1 Pagai Utara Terima Uang PIP Penyerahan dana PIP kepada siswa SMAN 1 Pagai Utara yang didampingi orangtua siswa (Foto : Leo/MentawaiKita)

SAUMANGANYA- Sebanyak 60 siswa SMA Negeri 1 Pagai Utara, Kabupaten Kepulaua Mentawai menerima uang beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP)

Kepala SMA Negeri 1 Pagai Utara, Nofik Afriko, mengatakan dari 143 siswa yang diajukan menjadi penerima hanya 60 siswa yang disetujui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“PIP ini penentunya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jakarta, pihak sekolah kirim Data Pokok Pendidikan (Dapodik) secara online, pihak sekolah menunggu saja berapa siswa yang menerima," kata Nofik kepada MentawaiKita.com, Jumat (14/8/2020).

Nofik menyebutkan pencairan PIP dilakukan di BNI cabang Padang. Penjemputan secara kolektif tersebut dilakukan oleh sekolah dengan membawa fotokopi kartu keluarga siswa, Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan surat kuasa dengan materai 6000 dari siswa serta kartu pelajar.

"Saya sempatkan ke BNI untuk jemput PIP tersebut sambil saya ada urusan ke Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, tidak ada saya potong ongkos penjemputan PIP tersebut," ujarnya.

Jumlah dana yang diterima siswa bervariasi, untuk kelas X yang berjumlah 23 siswa dan kelas XI yang berjumlah 19 siswa masing-masing menerima Rp1 juta. Sementara kelas XII yang berjumlah 18 siswa hanya menerima Rp500 ribu per orang.

Siswa yang telah menerima dana beasiswa PIP baru sebanyak 49 siswa. Uang tersebut diterima pada 10 Agustus lalu yang disaksikan orangtua siswa masing-masing. Sementara yang belum menerima masih proses melengkapi berkas.

“Sementara masih ada 11 siswa lagi  persyaratan  yang perlu dilengkapi, rencana Minggu depan ke Padang jemput di BNI,”  katanya.

Eki Ardies Syam, salah satu siswa penerima PIP  kelas XI,  menyebutkan uang PIP sebanyak Rp1 juta itu digunakannya membeli keperluan sekolah. “ Saya beli sepatu, tas dan buku kalau ada sisanya untuk jajan di sekolah,”  katanya.


BACA JUGA