SMA Negeri 1 Pagai Utara Bangun Asrama Siswa dan Ruang Guru

SMA Negeri 1 Pagai Utara Bangun Asrama Siswa dan Ruang Guru Lokasi pembangunan asrama siswa SMAN 1 Pagai Utara (Foto : Leo/MentawaiKita)

SAUMANGANYA- SMA Negeri 1 Pagai Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai tahun ini membangun dua fasilitas sekolah berupa asrama siswa dan ruang guru dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2020 sebanyak Rp1 miliar.  

Kepala SMA Negeri 1 Pagai Utara, Nofik Afriko, mengatakan asrama dan ruang guru yang akan dibangun masing-masing berukuran 10 m X 18 m

Nofik menyebutkan pembangunan asrama siswa dari DAK afirmatif menelan dana Rp516 juta sementara ruang guru menghabiskan dana Rp500 juta dari DAK reguler.

“Mulai pekerjaan 10 Agustus hingga 30 November dikerjakan secara swakelola melibatkan komite sekolah, masyarakat dan pemerintah setempat,” kata Nofik Afriko kepada MentawaiKita.com, Jumat (14/8/2020).

Direncanakan jika selesai dibangun asrama tersebut diprioritaskan bagi siswa yang selama ini tinggal di kos agar mereka tidak terjerumus pergaulan bebas yang menyebabkan putus sekolah.

Menurut Nofik, sebanyak 30 siswi dari 143 siswa saat ini tinggal di kos. Mereka diwajibkan tinggal di asrama sebab pada 2015 pernah ada kasus belasan siswa yang terlibat pergaulan bebas menyebabkan putus sekolah.

"Mudah-mudahan adanya asrama ini siswa disiplin belajar dan diawasi oleh guru," ujarnya

Nofik juga mengimbau orangtua siswa untuk mengawasi pergaulan siswa di luar jam sekolah.

“Tahun ini ada dua siswa yang putus sekolah karena pergaulan bebas hampir setiap tahun kasus seperti ini ada,  harapan kedepan adanya asrama siswa tidak ada kasus putus sekolah lagi,” katanya.

Sementara Heiber Sagugurat, salah satu warga yang menghibahkan tanah pembangunan asrama tersebut yang sekaligus menjadi pengawas pekerjaan mengatakan, saat ini sedang mulai pembersihan lokasi dan pengumpulan bahan pasir dan semen cetak lobrik.


BACA JUGA