Kadis Pendidikan Minta Sekolah di Mentawai Pasang Umbul-Umbul Kemerdekaan

Kadis Pendidikan Minta Sekolah di Mentawai Pasang UmbulUmbul Kemerdekaan Rapat antara Kadis Pendidikan Mentawai dengan guru-guru di Pagai Utara Selatan di Sikakap (Foto : Supri/MentawaiKita)

SIKAKAP—Kepala Dinas Pendidikan Mentawai, Oreste Sakeru meminta seluruh sekolah di Kabupaten Kepulauan Mentawai segera memasang umbul-umbul sebagai bukti perayaan kemerdekaan RI ke-75 sesuai dengan Peraturan Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai nomor 360/399.1/BUP 2020 tertanggal 27 Juli tentang Partisipasi Menyemarakkan Ulang Tahun Ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020.

Oreste memberi waktu kepada sekolah yang belum memasang umbul-umbul tersebut terhitung sejak Kamis (13/8/2020) hingga Sabtu (15/8/2020).

"Sekolah merupakan tempat menanam rasa patriotisme terhadap generasi penerus Bangsa Indonesia, kalau sekolah tidak memberikan contoh kepada warga sekolah dan lingkungan sekolah tentang bagaimana cara menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan Indonesia tentu akan ditiru juga oleh masyarakat, sesuai Perbup mulai tanggal 1 Agustus sampai 31 Agustus memerintahkan untuk memasang umbul-umbul, dekorasi atau hiasan lainnya serta bendera merah putih di sela umbul-umbul yang telah terpasang,bagi sekolah yang belum memasang umbul-umbul dan dekorasi lainnya sebagai bentuk kecintaan dan penghormatan kita terhadap jasa pahlawan yang gugur merebut kemerdekaan," kata Oreste Sakeru dalam rapat pertemuan kepala sekolah, majelis guru di aula pertemuan SMPN 1 PUS, Rabu (12/8/2020). 

Oreste Sakeru, menyebutkan sekolah harus menjadikan bulan Agustus ini berbeda dengan bulan lainnya, sebab di bulan Agustus terjadu peristiwa sangat bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia yakni berkat perjuangan pahlawan kemerdekaan Indonesia dan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia mengikrarkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kepada Muspika diharapkan dapat memantau dan mengawasi serta mensosialisasikan kepada sekolah dan masyarakat yang tidak mamatuhi Perbup nomor 360/399.1/BUP 2020 tertanggal 27 Juli, setelah itu sekolah wajib mengekspos di whatsapp grup Dinas Pendidikan, supaya kami tahu," katanya.

Sementara itu Danramil 04 Sikakap, Kapten INF Putra Damanik, mengatakan hasil dari pantauan masih banyak sekolah yang tidak mengindahkan Perbup nomor 360/399.1/BUP Tahun 2020.

“Hal ini sangat membuat kami menjadi prihatin sekali, supaya masyarakat dan instansi pemerintah agar mematuhi aturan pendekatan sudah kita coba,” katanya.

Wakil Kepala Polsek Sikakap, Ipda Yanuar, mengaku kecewa rendahnya kesadaran sekolah dalam hal ikut memeriahkan Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia.

"Walaupun sekarang masa Pademi Covid 19 tapi semangat untuk mengisi kemerdekaan itu harus tetap tumbuh di lingkungan sekolah, sebab dari lingkungan sekolahlah akan tercipta rasa patriotisme di kalangan generasi penerus bangsa Indonesia, kalau lingkungan sekolah tidak peduli lagi dengan jasa pahlawan dalam mengisi kemerdekaan,” kata Ipda Yanuar dalam rapat yang turut dihadiri Camat Sikakap Fransiskus Sakeletuk, Anggota Kamla Sikakap Serda Harumsyah, Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan Pagai Utara Agus Lamar, Korwil Pendidikan Sikakap Silbator, dan Korwil Pagai Selatan Firman.


BACA JUGA