Pemprov Sumbar Tanggung Biaya Sekolah 7 Siswa Pintar dari Mentawai

Pemprov Sumbar Tanggung Biaya Sekolah 7 Siswa Pintar dari Mentawai Feri Fadli Hasibuan, salah seorang siswa pintar Mentawai belajar daring (kanan) (Foto : Leo Marsen/MentawaiKita)

HAVEA-Pemerintah Provinsi Sumatera Barat membiayai pendidikan tujuh siswa pintar tamatan SMP Negeri 1 Pagai Utara Selatan (PUS), Kabupaten Kepulauan Mentawai pada jenjang SMA.

Kepala SMP Negeri 1 PUS, Rina Julianti, menyebutkan tujuh siswa pintar di sekolah ini mendapat beasiswa dari Pemerintah Provinsi Sumbar selama di bangku SMA.

“Pihak sekolah mengusulkan tujuh siswa pintar secara online ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan syukurlah ke tujuh siswa tersebut diterima di SMA favorit  yang ada di Provinsi Sumbar,” kata Rina Julianti kepada Mentawaikita.com, Senin (10/8/2020).

Rina Julianti mengatakan lima siswa akan melanjut ke SMA Negeri 3 Padang yakni Putra Agung, Hagiai Dea Philein, Feri Fadli Hasibuan, Agung Kurnia Moses, Putra Sukma Agung. Kemudian seorang siswa atas nama Adelia Bunga Citra Lestari sekolah di SMAN 1 Padangpanjang dan Besniati Baene masuk SMAN 1 Bukittinggi.

“Fasilitas yang mereka terima selama ditanggung Pemrprov Sumbar berupa asrama, katering, loundry dan ada uang saku selama tiga tahun, soal banyaknya uang saku saya tidak tahu pasti  siswa tersebut tinggal belajar saja, pemerintah sudah menyediakan biayanya," ujarnya.

Program pemerintah ini dikenal dengan nama yakni Program Adem (siswa pintar) yang  orang tuanya kurang mampu. “Ada siswa yang pintar lainnya tapi orang tuanya PNS, POLRI atau pedagang mapan karena  persyaratannya selain nilai siswa salah satunya adalah pekerjaan orangtua,” jelas Rina Julianti.

Nilai rata-rata siswa tersebut dari semester satu hingga empat yakni 84,36 sampai 91,73.

“Tahun ajaran 2019 /2020 tujuh siswa diusulkan ke Kemendikbud tujuh juga yang mendapat beasiswa sementara tahun ajaran 2018/2019 tujuh yang diusulkan yang diterima hanya satu siswa yakni di SMA Negeri 1 Padang,” katanya.

Feri Fadli Hasibuan,  salah satu siswa penerima beasiswa yang bersekolah di SMA Negeri 3  Padang, mengatakan senang dan bersemangat karena mendapat beasiswa.

“Saya sangat senang dan bersemangat lagi  untuk belajar terus belajar manatau ada lagi beasiswa nantinya untuk lanjutan ke jenjang universitas cita -cita saya jadi dokter umum mudah-mudahan tercapai,” ujarnya.

Sejak 3 Agustus, Feri dan rekannya yang lain melakukan pembelajaran secara daring.


BACA JUGA