Ini Persyaratan dan Kriteria Perjalanan Angkutan Laut di Mentawai Selama New Normal

Ini Persyaratan dan Kriteria Perjalanan Angkutan Laut di Mentawai Selama New Normal Tes swab yang dilakukan di Pukemas Muara Siberut. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Setelah Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Martinus Dahlan menunda pemberlakukan Surat Edaran Bupati nomor 360/351/BUP-2020 tentang kriteria dan persyaratan perjalanan orang dalam masa adaptasi tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Mentawai, kini Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet kembali menerbitkan Surat Edarannya yang ditujukan kepada Dinas Perhubungan, Kesehatan, Camat, Desa dan Penanggung jawab kapal penyeberangan.

Surat Edaran Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet itu Nomor 360/410/BUP-2020 tentang perubahan kriteria dan persyaratan perjalanan orang dalam masa adaptasi tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Mentawai atau masih terkait dengan kriteria dan syarat pelaku perjalanan dari atau ke wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Dalam Surat Edaran Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet itu Nomor 360/410/BUP-2020 tanggal 6 Agustus 2020 tersebut beberapa syarat yang harus dipatuhi pelaku perjalanan penyeberangan dari dan atau ke Kabupaten Kepulauan Mentawai terutama selalu memakai masker, jaga jarak, dan selalu cuci tangan.

Jika melakukan perjalanan keluar wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai wajib memiliki dan menunjukkan identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau tanda pengenal lainnya yang sah, kemudian dapat menunjukkan keterangan hasil swab test dengan hasil negatif yang masih berlaku, atau hasil rapid test non reaktif, atau surat keterangan bebas gejala seperti influenza, batuk, demam yang dikeluarkan dokter dari fasilitas kesehatan yang resmi.

Surat keterangan bebas gejala seperti influenza, batuk, demam tersebut dapat digunakan apabila pihak pengelola moda transportasi yang akan digunakan tidak mewajibkan rapid test dan swab test.

Kemudian persyaratan orang yang akan melakukan perjalanan masuk ke wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai wajib memenuhi syarat yakni menunjukkan identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau tanda pengenal lainnya yang sah, kemudian dapat menunjukkan keterangan hasil swab test.

Dalam hal pelaku perjalanan yang akan masuk ke wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai tidak dapat menunjukkan hasil pemeriksaan swab test atau rapid test maka kepada pelaku perjalanan wajib memiliki surat keterangan bebas gejala seperti influenza, batuk, demam yang dikeluarkan dokter dari fasilitas kesehatan yang resmi.

Pelaku perjalanan yang tidak dapat menunjukkan hasil pemeriksaan swab test atau rapid test yang akan masuk ke wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai wajib mengisi formulir berisi pernyataan yang ditanda tangani di atas materai 6000 untuk bersedia mengikuti pemeriksaan pengambilan swab test oleh petugas medis pada saat tiba di Mentawai.

Pelaku perjalanan yang tiba di Mentawai yang tidak dapat menunjukkan hasil swab test dan rapid test langsung mengikuti swab test yang disediakan di pelabuhan Mentawai, dan membuat pernyataan sanggup melakukan karantina mandiri sampai keluar hasil swab test negatif Covid-19.

“Jadi ketika tiba di Mentawai langsung lakukan swab tidak ada lagi menunggu, dan kalau sudah keluar hasil swab karantina mandiri selesai, kalau terkonfirmasi positif akan ditangani dengan penanganan Covid-19,” kata Serieli BW, Kepala Bagian Hukum pada Sekretariat Bupati Mentawai, sekaligus juru bicara terkait kebijakan dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 di Mentawai, pada Kamis, (6/8/2020).

Terkait dengan keperluan pengambilan sampel rapid test sementara ini pelaku perjalanan bisa mendapatkannya secara mandiri di klinik kesehatan yang resmi terutama yang akan melakukan perjalanan ke wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, dimana saat ini di rapid test gratis di Padang menuju Mentawai tidak ada lagi.

Selanjutnya syarat dan kriteria bagi pelaku perjalanan di dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai memiliki dan menunjukkan identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau tanda pengenal lainnya yang sah, kemudian menunjukkan keterangan hasil swab test dengan hasil negatif yang masih berlaku, atau hasil rapid test non reaktif, atau surat keterangan bebas gejala seperti influenza, batuk, demam yang dikeluarkan dokter dari fasilitas kesehatan yang resmi.

“Covid-19 belum selesai kita harus mematuhi adaptasi kebiasaan baru  terutama selalu memakai masker, jaga jarak, dan selalu cuci tangan dan menghindari kerumunan, mari kita bersama secara sadar dan disiplin mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19,” kata Lahmuddin Siregar Kepala Dinas Kesehatan Mentawai sekaligus juru bicara perkembangan pencegahan penyebaran Covid-19 (Corona Disease-19) di Mentawai. 


BACA JUGA