40 Ekor Sapi Dipotong untuk Kurban Idul Adha di Sikakap

40 Ekor Sapi Dipotong untuk Kurban Idul Adha di Sikakap Sapi yang baru saja dipotong untuk kurban di Masjid Raya Al-furqan Sikakap, Sabtu (1/8/2020). (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP--Sekitar 40 ekor sapi dipotong untuk kurban Idul Adha di Desa Sikakap Kecamatan Sikakap Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sabtu (1/8/2020). Pelaksanaan pemotongan hewan kurban lebih ketat dari biasanya dengan memenuhi protokoler kesehatan aman Covid-19.

Di Masjid Raya Al-furqan Sikakap misalnya, panitia pelaksana pemotongan hewan korban membatasi jumlah pekerja, tahun lalu satu ekor sapi dikerjakan oleh enam orang pekerja, di masa pandemi Covid-19 hanya empat orang saja, sebelum melakukan pemotongan para pekerja diwajibkan mencuci tangan di air mengalir menggunakan sabun yang sudah disiapkan oleh panitia.

"Tahun ini ada sekitar 40 ekor sapi yang dipotong di Desa Sikakap, sapi tersebut berasal dari peserta korban dan bantuan dari donatur dari Padang," kata Budi Winaryo, Ketua Badan Syiar Islam (BSI) Pagai Utara Selatan, Sabtu (1/8/2020).

Alrinaldi, panitia hewan korban Masjid Raya Al-furqan Sikakap mengatakan, khusus Masjid Raya Al-furqan, jumlah sapi yang dipotong ada 10 ekor, sembilan ekor sapi dari peserta korban, dan satu ekor bantuan dari Lazas Mitra Ummat Madani dari Padang.

“Kalau dibandingkan jumlah sapi korban tahun lalu dengan tahun sekarang meningkat, tahun lalu sebanyak enam ekor sapi , sekarang sembilan ekor, sementara kupon yang disebarkan sebanyak 400  lembar," katanya.

BACA JUGA