Pemda Mentawai Gelar Rapat Sikapi Akan Berakhirnya Rapid Test Gratis untuk Penumpang Kapal Menuju Mentawai

Pemda Mentawai Gelar Rapat Sikapi Akan Berakhirnya Rapid Test Gratis untuk Penumpang Kapal Menuju Mentawai Tenaga Kesehatan Kecamatan Sikakap Kepulauan Mentawai sedang melakukan rapid test di Pelabuhan Syahbandar Sikakap. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP—Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai akan melakukan rapat koordinasi Kamis (30/7/2020) untuk membahas  akan berakhirnya rapid test gratis untuk penumpang kapal dari Padang menuju Kepulauan Mentawai dari Pemerintah Provinsi Sumatra Barat mulai 1 Agustus mendatang.

Juru bicara Tim Satgas Covid-19 Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar mengatakan kewajiban rapid test maupun uji PCR untuk pengguna transportasi  laut dan udara sesuai Surat Edaran Menteri Kesehatan RI No. 382 tertanggal 26 Juni 2020.

"Selagi SE No. 382 Menteri Kesehatan belum dicabut siapapun yang menggunakan transportasi udara dan laut wajib melakukan rapid test atau uji swab dengan hasil non reaktif, informasinya terhitung 1 Agustus, Pemprov Sumbar tak lagi menyediakan rapid test gratis di Pelabuhan Muara Padang dan Pelabuhan Bungus, jadi penumpang harus tes  mandiri,” kata Lahmuddin, Kamis (30/7/2020).

Menurut Lahmuddin, Pemda Mentawai harus merespon rencana tidak adanya fasilitas rapid test gratis itu untuk mengantisipasi penyebaran penularan Covid-19 di Kepulauan Mentawai. “Bagaimanapun Padang belum bisa dikatakan aman,” katanya.

"Walaupun sekarang di Kabupaten Kepulauan Mentawai sudah masuk era normal baru, imbauan Pemda Mentawai kepada seluruh masyarakat supaya tetap mamatuhi protokol kesehatan dan olah raga untuk meningkatkan daya tahan tubuh, supaya kita terhindar dari virus Covid-19," katanya.

BACA JUGA