Belum Ada Jembatan, Warga Seberangi Sungai Silakoinan Pakai Rakit

Belum Ada Jembatan Warga Seberangi Sungai Silakoinan Pakai Rakit Warga sedang menyeberangi Sungai Silakoinan menggunakan rakit kayu. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

MUNTEI-Meskipun sudah ada akses jalan darat dari Dusun Muntei menuju Dusun Bekkeiluk di Desa Muntei Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, namun belum ada jembatan penyeberangan Sungai Silaoinan. Untuk menyeberang terutama bagi warga yang membawa sepeda motor, mereka mengandalkan rakit kayu.

Kepala Dusun Bekkeiluk Stevanus Nahum mengatakan saat ini akses jalan darat menuju Bekkeiluk hingga Salappak sedikit lagi rampung namun untuk menyeberangi sungai warga harus menarik rakit kayu dengan tali. “Ini sebenarnya berbahaya saat banjir dan air sungai besar,” katanya Selasa (27/7/2020).

"Untuk menyeberangi Sungai Silakoinan, warga menggunakan pelampung kayu dan roda dua pun bisa sudah bisa diseberangkan, pelampung tersebut dibuat secara swadaya oleh masyarakat dengan gotong royong karena sebelumnya pada saat musim kemarau warga mengangkat motor hingga keseberang,namun ketika musim penghujan warga tak lagi bisa membawa motor hingga ke kampung kecuali naik rakit," kata Stevanus.

Sementara Kepala Desa Muntei Agustinus Sagari membenarkan belum adanya jembatan penyeberangan. “Untuk sementara masyarakat menggunakan rakit, sekali jalan bisa naik dua sepeda motor, dan untuk menyeberang tidak ditarik bayaran,” katanya.

BACA JUGA