Warga Dusun Beikkeiluk Budidayakan Pisang Medan

Warga Dusun Beikkeiluk Budidayakan Pisang Medan Warga Dusun Bekkeiluk sedang membawa pisang seusai panen dari ladang. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

MUNTEI-Warga Dusun Bekkeiluk Desa Muntei Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai membudidayakan pisang medan. Untuk itu Pemerintah Desa Muntei sudah menyediakan 3.000 batang bibit yang warga.

Kepala Dusun Bekkeiluk Stefanus Nahum mengatakan, bibit pisang tersebut sudah ada dididistribusikan kepada anggota kelompok tani Malinggai yang beranggotakan 26 orang. “Masing-masing akan mendapat bibit 115 batang,” katanya kepada Mentawaikita.com, Sabtu (25/7/2020).

Menurut Stevanus, pengadaan bibit pisang itu dibiayai melalui APBdesa Muntei tahun ini dengan alokasi anggaran Rp30 juta. “Sekarang warga tinggal menanam di lahan yang sudah mereka siapkan, kita tinggal mengawasi,” katanya.

Sementara Kepala Desa Muntei Agustinus Sagari mengatakan, pengadaan bibit tersebut merupakan program pemberdayaan masyarakat pemerintah desa. Selain di Bekkeiluk, juga ada programuntuk dusun lain.

"Tidak hanya itu dari anggaran pemberdayaan, juga akan kita fasilitasi di beberapa dusun, untuk Dusun Magosi ada parutan sagu, Dusun Pariok parutan sagu dengan pertukangan, Dusun Salappak peralatan mesin souvenir dan Dusun Puro 2 peralatan pertukangan,” katanya.

BACA JUGA