Jalan Beton Muntei-Salappak Segera Tersambung

Jalan Beton MunteiSalappak Segera Tersambung Jalan menuju Salappak. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

MUNTEI-Jalan penghubung dari Dusun Muntei menuju Dusun Salappak Desa Muntei Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai segera tersambung. Saat ini pekerjaan proyek jalan menyisakan panjang sekira 40 meter.

Kepala Desa Muntei Agustinus Sagari mengatakan, jalan yang dibangun merupakan satu-satunya akses darat yang menghubungkan Muntei dengan dusun-dusun yang berada di hulu Sungai Silaoinan itu. Selama ini selain jalan setapak, akses yang bisa dijangkau melalui sungai menggunakan pompong.

Pembangunan jalan tersbeut menurut Agustinus dibangun dengan dana APBN sebesar Rp107 juta tahun ini. Panjang jalan yang dibangun 185 meter. "Tinggal 40 meter lagi akan tersambung, maka jalan beton ini akan bisa digunakan warga dengan sepeda motor,” katanya kepada Mentawaikita.com, Minggu (26/7/2020).

Dia menambahkan, akses jalan darat akan membuat mobilitas warga lebih murah dan cepat terutama untuk aktivitas ekonomi seperti membawa hasil buminya ke pusat kecamatan di Muara Siberut untuk dijual. “Harapannya dengan akses jalan ini masyarakat akan lebih semangat bertani,” katanya.

Sementara Kepala Dusun Bekkeiluk, Stevanus Nahum juga mengatakan, saat ini para pekerja proyek jalan masih mendatarkan bagian jalan yang tinggi agar jalan landau dan tidak membahayakan pengendara sepeda motor. "Kalau jalan sudah rampung  ke Salappak sudah bisa dengan menaiki roda dua, sebelum jalan selesai saja a warga sudah bisa membawa motor, kini tinggal jembatan penyeberangan yang belum ada, saat ini motor menyeberang pakai rakit papan,” katanya.

BACA JUGA