14 Beo Tak Bertuan Diamankan di Kapal 

14 Beo Tak Bertuan Diamankan di Kapal  ilustrasi.net

PADANG-Sebanyak 14 ekor beo asal di Kecamatan Siberut Utara tersebut diamankan BKSDA diatas kapal penumpang yang bersandar di Pelabuhan Bungus Teluk Kabung, Padang pada Selasa 21 Juli 2020.

“Beo tersebut ditinggal pengepulnya di atas kapal, pada saat didapat beo itu tidak ada lagi bertuan,” ungkap Kepala Seksi Balai Taman Nasional Siberut Wilayah Siberut Utara, Jamil, Senin (27/7/2020).

Kemudian sudah dilepas di wilayah Siberut Barat ke alam liar tempat, namun yang bisa dilepas itu baru 12 ekor, sementara dua ekor lainnya masih dirawat. “Tinggal dua ekor beo yang belum dilepas karena sayapnya kena getah saat ditangkap orang,” ucapnya.

Menurut informasi dari masyarakat, beo itu ditampung oleh orang di Sikabaluan, kemudian pengepul menitipkan kepada oknum yang mau ke Padang biar aman, namun sampai di kapal diduga oknum tersebut meninggalkan beo. 

“Sesuai aturan pada tahun 2018 pemerintah telah menetapkan semua beo yang ada di Indonesia tidak hanya beo nia dilindungi oleh UU tapi termasuk beo dari Mentawai,” tutupnya.

 


BACA JUGA