Puskesmas Sikakap Jadwalkan Swab Gratis Dua Kali Seminggu

Puskesmas Sikakap Jadwalkan Swab Gratis Dua Kali Seminggu Seorang guru di Siberut Selatan sedang menjalani swab cairan dari hidung. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

SIKAKAP--Puskesmas Sikakap menetapkan jadwal pengambilan swab  gratis dua kali dalam seminggu bagi pelaku perjalanan dari daerah terjangkit seperti Padang dan sekitarnya yakni hari Rabu dan Minggu sesuai jadwal kapal KMP Ambu-Ambu dan KMP Gambolo berangkat dari Sikakap ke Padang.

"Swab yang dilakukan oleh Puskesmas Sikakap gratis bagi orang pelaku perjalanan dari daerah terjangkit, seperti Padang dan sekitarnya, jadwal swab dua kali dalam seminggu yakni hari Rabu dan Minggu jadwal kapal penumpang dari Desa Sikakap ke Padang," kata Erika Napitupulu, Koordinator Tim koordinasi Covid 19 Kecamatan Sikakap, Selasa (21/7/2020) di depan para guru-guru SMAN 1 PUS.

Erika Napitupulu menyebutkan, sesuai dengan aturan setiap orang yang masuk ke Kabupaten Kepulauan Mentawai dari Padang dan sekitarnya wajib melakukan rapid test dengan hasil non reaktif.

Tapi hasil rapid test itu tidak bisa menjadi patokan apakah orang yang sudah melakukan rapid test sudah bebas dari virus Covid-19. Yang bisa menjadi patokan apakah seseorang itu terkena atau tidak terkena virus Covid-19 adalah swab yang sampelnya di uji di laboratorium UNAND Padang,katanya.

Fransiskus Sakaletuk, Ketua Koordinasi Covid-19 Kecamatan Sikakap, mengatakan sesuai dengan instruksi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Mentawai, semua guru sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar wajib melakukan swab, hal ini untuk mengetahui apakah guru tersebut aman dari Covid-19.

"Sesuai dengan berita yang saya baca di Kota Pariaman sekolah sudah dilakukan tatap muka, tetapi terpaksa tutup lagi karena ada guru yang positif virus Covid 19, siswa merupakan orang yang rentan terhadap penyebaran virus Covid-19, untuk itu di sekolah wajib menjalankan protokoler kesehatan,"katanya.

BACA JUGA