Jelang Sekolah Kembali Belajar Tatap Muka, 219 Guru di Siberut Selatan Jalani Tes PCR

Jelang Sekolah Kembali Belajar Tatap Muka 219 Guru di Siberut Selatan Jalani Tes PCR Seorang petugas medis mengambil sampel cairan hidung salah seorang guru di SIberut Selatan pada Sabtu (18/7/2020). (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

MUARASIBERUT-Sebanyak 92 guru di Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai jalani swab cairan nasofaring untuk diuji PCR (Polymerase Chain Reaction) Covid-19, Sabtu (18/7/2020) lalu. Sebelumnya ada 127 guru yang juga sudah melakukan tes. Tes PCR dilakukan sebagai syarat para guru dapat mengajar tatap muka.

PLT Kepala Puskesmas Muara Siberut Nurhidayah mengatakan, swab kali ini adalah gelombang kedua sementara tes swab gelombang pertama pada guru-guru berbeda dilakukan pada 14 Juli lalu dan hasilnya semua negatif.

Tujuan dari swab ini memastikan guru bebas Covid-19 sebagai syarat untuk mengajar karena guru akan berinteraksi dengan siswa, tidak hanya itu kita juga mengikuti Surat Edaran Bupati Mentawai, katanya,” Senin (20/7/2020).

Sementara Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan Mentawai di Kecamatan Siberut Selatan, Netty Anwar mengatakan, sesuai data jumlah guru yang harus menjalani tes PCR hari itu 140 orang namun yang hadir 92 orang.

Tidak semua guru datang karena ada yang takut sakit, padahal ini wajib karena mengikuti arahan Pak Bupati,” kata Netty,  Sabtu (18/7/2020).

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar  kepada Mentawaikita.com pada Jumat (17/7/2020) lalu mengatakan, tes PCR gelombang pertama dilakukan pada 127 guru dengan hasil negatif.

BACA JUGA