131 Guru di Siberut Selatan Melakukan Tes Swab

131 Guru di Siberut Selatan Melakukan Tes Swab Petugas mengambil swab dari salah satu guru. (Foto: Hendri/Mentawaikita.com)

MUARA-SIBERUT-Sebanyak 131 guru di wilayah Kecamatan Siberut Selatan melakukan tes swab  yang dilakukan oleh petugas Puskesmas Muara Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai, tes swab ini dilakukan untuk memenuhi persyaratan mengajar.

Plt Kepala Puskesmas Muara Siberut Nurhidayah mengatakan, saat ini Puskesmas Muara Siberut telah melakukan tes swab kepada 131 guru-guru yang dilaksanakan di Posko Satgas Kecamatan Siberut selatan dan sampelnya sudah dikirim hari ini lewat kapal Mentawai Fast.

"Guru-guru sudah datang dan sudah dilakukan pengambilan swab, mereka datang dengan mengikuti protokoler kesehatan memakai masker dan jaga jarak, setelah melakukan swab guru-gurunya boleh pulang dan menunggu hasilnya, dua hari berikutnya hasilnya akan keluar," kata Nurhidayah kepada Mentawaikita.com, Selasa (14/7/2020).

Kata Nurhaidayah, sebenarnya data yang sudah diterima dari (Kordinator Wilayah Korwil) ada 239 orang yang akan diswab namun yang baru datang baru 131 orang, sedangkan yang lainnya akan diswab pada hari Sabtu dan Minggu ini. “Karena daerah jauh seperti Desa Matotonan, Madobag dan Muntei informasinya terlambat makanya mereka minta swabnya hari Sabtu saja pada 18 Juli mendatang. Kami berharap semuanya hasilnya negatif tidak ada yang positif kalau itu semuanya kita akan siapkan, akan kita isolasi berharap tidak ada positif," kata Nurhidayah.

Untuk medis telah disiapkan tujuh orang relawan dan mereka menggunakan APD lengkap dan saat ini APD lengkap. “Guru-guru mau tidak mau mereka harus ikuti karena itu persyaratan untuk mengajar,” tutupnya.


BACA JUGA