Kapolsek Muara Siberut Minta Guru Ikut Awasi Siswa dari Tindak Kekerasan Seksual

Kapolsek Muara Siberut Minta Guru Ikut Awasi Siswa dari Tindak Kekerasan Seksual Kapolsek Muara Siberut Iptu Edi Surya memberikan edukasi kepada siswa SMPN 1 Siberut Selatan. (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

MUARASIBERUT-Kapolsek Muara Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai  Iptu Edi Surya meminta guru ikut mengawasi siswanya di masa penerapan belajar jarak jauh terutama siswa kos. Pengawasan tersebut untuk menghindari terjadinya kasus kekerasan ataupun pelecehan seksual terhadap siswa perempuan.

“Guru agar ikut mengawasi dan melakukan kontrol terhadap murid-muridnya terutama anak-anak dari pedalaman  yang tinggal di kos-kosan di Muara Siberut  sehingga kasus kekerasan seksual dan pencabulan terhadap anak bisa dicegah,” katanya saat memberikan edukasi kepada para siswa di hari pertama dimulainya tahun ajaran baru 2020/2021 di SMPN 1 Siberut Selatan, Senin (13/7/2020).

Meskipun sekolah di Mentawai masih memberlakukan belajar jarak jauh, namun di hari pertama tahun ajaran baru, siswa diminta datang ke sekolah untuk menerima tugas dari guru. Penugasan atau belajar online tidak bisa dilakukan karena terbatasnya fasilitas internet.

Kapolsek juga mengingatkan para siswa menjaga diri dalam pergaulan dan tidak mudah terbujuk hal yang bisa menjurus kepada pelecehan seksual atau pencabulan. “Pelecehan seksual maupun kekerasan seksual akan merugikan diri sendiri dan masa depan,” katanya.

Selain itu Kapolsek juga dan jajarannya memantau pelaksanaan protokol kesehatan aman Covid-19 di sekolah tersebut. Dia menekankan pentingnya menjaga disiplin menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19 seperti memakai masker dan menjaga jarak.  

BACA JUGA