Terlanjur Swab Tes Sebelum Keluar Mentawai, Penumpang Kapal Kecewa dengan Penundaan SE Bupati Mentawai

Terlanjur Swab Tes Sebelum Keluar Mentawai Penumpang Kapal Kecewa dengan Penundaan SE Bupati Mentawai Registrasi penumpang Mv. Mentawai Fast di Pelabuhan Pokai Kecamatan Siberut Utara, Mentawai pada Selasa (14/7/2020). (Foto: Bambang/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Terlanjur menjalani swab untuk tes PCR sebagai syarat perjalanan keluar Mentawai, seorang penumpang kapal Mv. Mentawai Fast dari Sikabaluan menuju Padang kecewa karena tes yang dilakukannya berujung sia-sia.

Cici (30), penumpang kapal yang berangkat Selasa (14/7/2020) mengaku kecewa setelah adanya penundaan pelaksanaan Surat Edaran Bupati Nomor.360/351/BUP-2020 tentang wajib tes PCR (swab tes) bagi yang keluar Mentawai menggunakan jasa kapal mulai, 13 Juli 2020. Karena mereka sudah sempat mengikuti test swab pada Sabtu, 11 Juli 2020 di Puskesmas Sikabaluan.

"Kecewa. Mau saya lempar surat keterangan berbadan sehat yang saya punya setelah tahu kalau pelaksanaan surat edarannya ditunda," kata Cici (30) salah seorang penumpang Mv.Mentawai Fast pada Mentawaikita.com, Selasa (14/7/2020).

Dikatakan Cici, pemberlakuan PCR tes melalui sampel swab berkesan uji coba guna melihat apakah petugas di lapangan bisa melakukan pengambilan sampel atau tidak.

"Hasilnya saja belum kami terima. Hanya yang kami dapat itu surat ketegangan berbadan sehat, untuk hasil pemeriksaan swabnya belum," katanya.

Surat Edaran Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet terkait wajib swab ditunda pelaksanaannya hingga tiga minggu ke depan oleh Sekretaris Daerah Mentawai, Martinus dengan Nomor : 180/715/SETDA dalam surat penundaan pelaksanaan pemberlakuan SE Bupati Nomor 360/351/BUP-2020. Dalam penundaan itu, bagi penumpang yang keluar Mentawai menggunakan kapal dan antar pulau cukup mengurus surat keterangan bebas gejala influenza, demam, batuk, pilek dan gejala covid-19.

Sebelumnya di Puskesmas Sikabaluan sebagai salah satu puskesmas di Mentawai yang diberikan wewenang untuk melaksanakan pengambilan sampel droplet untuk tes PCR berdasarkan Surat Edaran Bupati Mentawai melakukan pengaturan jadwal pengambilan swab yang disesuaikan dengan jadwal kapal Mv. Mentawai Fast, diantaranya Selasa, Kamis, Sabtu pada pukul 07.00-10.00 WIB. Dan berdasarkan swab perdana pada Sabtu, 11 Juli 2020 untuk penumpang yang berangkat pada Selasa, 14 Juli 2020 sebanyak 12 orang. 

BACA JUGA