Belum Bisa Sekolah Tatap Muka, SMPN 1 PUS Masih Berlakukan Belajar Jarak Jauh

Belum Bisa Sekolah Tatap Muka SMPN 1 PUS Masih Berlakukan Belajar Jarak Jauh Seorang guru SMPN 1 PUS sedang mengukur suhu tubuh siswanya, Senin (13/7/2020). (Foto: Leo/Mentawaikita.com)

HVA- Sesuai Surat Edaran Bupati Mentawai 360/355/BUP-2020 tentang Pedoman Penyelenggaran Pembelajaran Tahun Ajaran baru 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19, proses sekolah masih dilakukan dari jarak jauh hingga 31 Agustus mendatang.

Hermida, Wakil Kurikulum SMP Negeri 1 Pagai Utara Selatan (PUS) menyebutkan,  cara pembelajarannya jarak- jauh, karena fasilitas jaringan internet tidak memadai di Mentawai seperti di sekolah ini , cara belajarnya sebanyak 12 mata pelajaran hanya diberi tugas kepada siswa, ada tugas mingguan, dua mingguan dan bulanan, tugas tersebut dikumpulkan oleh ketua kelompok, selanjutnya wali kelas memberi nilai,” katanya kepada Mentawaikita.com, Senin (13/7/2020).

Rina Julianti, Kepala SMP Negeri 1 PUS menambahkan, mengikuti Surat Edaran Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet, di Mentawai belum boleh belajarnya tatap muka, siswa hanya diberi tugas oleh guru mata pelajaran, tidak boleh masuk sekolah dulu mulai 13 Juli hingga 31 Agustus mendatang.

"Menunggu informasi selanjutnya dari Bupati apa diperpanjang atau sudah boleh belajar tatap muka, yang tidak boleh datang ke sekolah hanya siswa saj,a kalau guru tetap hadir seperti biasanya untuk menyelesaikan materi pembelajaran dan nilai kepada siswa,” katanya.

Cara belajar ini diakui Rina tidak maksimal kepada siswa  namun kondisi pandemic Covid-19 masih mengancam ditambah fasilitas internet terbatas sehingga hanya tugas saja yang diberikan ke siswa.

Melihat situasi cara belajar ini sekolah tidak lagi mengikuti target dalam kurikulum pembelajaran. "Saya berharap kepada orang tua/wali  siswa untuk ambil peran  mengawasi anak-anak membantu atau ada tambahan belajar agar siswa ada peningkatan nilai atau karakter siswa yang baik,” katanya. 


BACA JUGA