Ruang Kelas SMA Terbatas, Banyak Lulusan SLTP di Siberut Utara Tak Tertampung

Ruang Kelas SMA Terbatas Banyak Lulusan SLTP di Siberut Utara Tak Tertampung Paulus Sikaraja, Kepala SMAN 1 Siberut Utara memberikan arahan kepada pelajar di hari pertama sekolah tatap muka, Senin (13/7/2020). (Foto: Bambang/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Ratusan pelajar SMP yang tersebar di wilayah Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Siberut Utara tidak dapat melanjutkan pendidikan karena terbatasnya ruang belajar yang tersedia. Seperti halnya yang terjadi di SMAN 1 Siberut Utara.

"Masih banyak yang datang untuk mendaftar hanya tidak bisa diterima karena keterbatasan ruang belajar," kata Paulus Sikaraja, Kepala SMAN 1 Siberut Utara pada Mentawaikita.com, Senin (13/7/2020).

Dikatakan Paulus, saat ini ruangan yang tersedia di SMAN 1 Siberut Utara hanya 15 ruang dengan jumlah pelajar dalam satu ruang melebihi dari kapasitas yang ditentukan. "Ini dalam satu ruang kita isi 35 orang. Normalnya selama Covid-19 ini 18-20 orang", katanya.

Dari ruangan yang ada, ada satu ruangan yang tidak layak pakai yang tidak terdaftar dalam aset sehingga pihak sekolah meminta orangtua siswa untuk merehab ruangan yang tidak layak agar ruangan cukup 15. "Untuk kita rehab di dana Bos tidak bisa dalam juknis. Maka akan dibicarakan dengan komite sekolah dan orangtua agar dilakukan perehapan ruangan yang rusak," katanya.

Dikatakan Paulus, terkait dengan pelajar yang tidak bisa diterima pihak sekolah sudah koordinasi ke Dinas Pendidikan Provinsi agar mereka diterima. Namun tidak diizinkan karena telah diatur dalam ketentuan jumlah ruang yang tersedia dengan jumlah siswa yang boleh diterima. "Pelajar masih banyak yang belum terdaftar. Kita berharap ini ada solusi dari dinas," katanya.

Berdasarkan zonasi dan geografis SMAN 1 Siberut Utara, ada lima SMPN yang masuk diantaranya SMPN 1 Siberut Utara yang ada di Sikabaluan, SMPN 2 Siberut Utara yang ada di Desa Sirilogui, SMPN 3 Siberut Utara yang ada di Desa Sotboyak, SMPN 4 Siberut Utara yany ada di Desa Malancan.

"SMPN 2 Siberut Barat yang ada di Sigapokna mereka ke SMAN 1 Siberut Utara juga karena akses mereka lebih dekat ke Sikabaluan daripada ke Betaet," katanya.

Sesuai data dari pihak sekolah, jumlah siswa SMAN 1 Siberut Utara kelas I sebanyak 174 orang, kelas II sebanyak 152 orang dan kelas III sebanyak 145 orang.  

BACA JUGA