Bupati Mentawai Tinjau Lokasi Pembangunan 40 Unit Rumah Bantuan Kementerian PU PR

Bupati Mentawai Tinjau Lokasi Pembangunan 40 Unit Rumah Bantuan Kementerian PU PR Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet (masker putih) lagi melakukan pertemuan dengan warga Dusun Rakrak Joja. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PU PR) Budi Siregar tinjau lokasi pembangunan 40 unit rumah bantuan dari Kementerian PUPR di Dusun Rarak Joja, Desa Taikako, Kecamatan Sikakap, Kamis (9/7/2020) 

"Tahun 2020 Kementerian PUPR memberikan bantuan pembangunan rumah sebanyak 40 unit, rumah tersebut akan dibangun tahun ini juga, kedatangan saya bersama kepala Dinas PUPR melihat langsung lokasi dimana akan dibangun 40 unit rumah tersebut," kata Yudas Sabaggalet.

Yudas menyebutkan, sebelum mengerjakan pembangunan rumah dimulai memastikan dulu masalah lokasi dimana akan dibangun rumah tersebut, termasuk masalah tanahnya apakah ada masalah atau tidak. Sebab selama ini masalah tanah menjadi kendala dalam setiap pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah, padahal setiap pembangunan yang dilakukan itu adalah untuk masyarakat.

"Untuk itu kami dari pihak Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai berharap dukungan dan kerjasama pihak-pihak terkait supaya pembangunan yang kita lakukan dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan,"katanya.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kepulauan Mentawai Budi Siregar mengatakan, besar bantuan untuk satu rumah Rp30 juta, sementara untuk upah pembangunan rumah Rp5 juta perunit. Pembangunan rumah langsung diawasi oleh tim dari Kementerian PUPR, pencairan dana Rp 30 juta dibagi dua tahap, tahap pertama 50 persen dengan besaran Rp15 juta, dengan uang Rp15 juta pembangunan rumah sekitar 50 persen kalau tidak mencapai 50 persen kemungkinan dana tahap kedua tidak akan di cairkan.

"Bangunan rumah yang akan dibuat tipe 36, bentuk bangunan setengah permanen, untuk itu saya berpesan kepada yang mendapatkan bantuan pembangunan rumah dari Kementerian PUPR pergunakan kesempatan ini sebaik mungkin, dan bekerja sesuai apa yang telah di tentukan," katanya.

Dalam kunjungan tersebut juga hadir Camat Kecamatan Sikakap Fransiskus Sakaletuk, Wakapolsek Sikakap Ipda Yanuar, Danpos Kamla Sikakap Peltu Dwi Wahyono, Anggota Koramil 04 Sikakap Serda Havid.


BACA JUGA