Ditemani Senter Ponsel Tim Koordinasi Covid-19 Sikakap Lakukan Penjaringan PPT 

Ditemani Senter Ponsel Tim Koordinasi Covid19 Sikakap Lakukan Penjaringan PPT  Petugas memeriksa warga yang turun dari kapal memakai senter ponsel. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP-Hanya bermodalkan senter ponsel Tim Kordinasi Covid 19 Kecamatan Sikakap lakukan penjaringan penumpang Kapal Perintis dari Padang dan Tuapeijat. Sesuai dengan jadwal Kapal Perintis yang masuk ke Desa Sikakap, Sabtu (4/7/2020) sekitar pukul 23.30 wib, sebelum sampai ke Desa Sikakap Kapal Perintis dari Padang terlebih dulu singgah di pelabuhan Tuapejat dan Pelabuhan Sioban.

"Penjaringan orang yang datang dari daerah terjangkit seperti Padang dan sekitarnya akan terus dilakukan oleh tim Kordinasi Covid 19 Kecamatan Sikakap, walaupun kapal penumpang datang di malam hari, malam Sabtu (4/7) kapal Perintis dari Padang masuk ke Sikakap, tapi sebelum berlabuh di pelabuhan Sikakap kapal Perintis singgah dulu di pelabuhan Tuapejat dan Sioban, membawa penumpang sekitar 80 orang, penjaringan tetap akan dilakukan walaupun hanya ditemani lampu senter ponsel,"kata Erika Napitupulu, koordinator Tim Kordinasi Covid 19 Kecamatan Sikakap, Sabtu (4/7/2020)

Erika menyebutkan, penjaringan yang dilakukan orang yang baru datang dari Padang, Tuapejat dan sekitarnya mencek suhu tubuh, suhu tubuh di atas 37,3 celcius akan di karantina dulu di rumah karantina kecamatan, dan pemeriksaan surat-surat seperti surat kesehatan atau surat rapid test bagi penumpang yang datang dari Padang yang hasilnya non reaktif, bagi penumpang yang datang dari Tuapejat, Sioban cukup surat kesehatan yang dikeluarkan rumah sakit atau puskesmas.

"Sesuai instruksi Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet supaya Tim Kordinasi Covid-19 Kecamatan Sikakap tetap mempertahankan supaya Pagai Utara Selatan (PUS) zona hijau, untuk itu perketat orang yang masuk ke Desa Sikakap, sebab Desa Sikakap merupakan tempat orang masuk dan keluar,"katanya.

Peltu Dwi Wahyono, Danpos Kamla Sikakapmengatakan, timnya akan selalu melakukan pendampingan tim Koordinasi Covid-19 Kecamatan Sikakap dalam hal menjalankan protokoler kesehatan dan penjaringan orang yang baru datang dari Padang dan sekitarnya. "Setiap kapal yang datang dari Padang dan sekitarnya apakah itu kapal penumpang ataupun kapal ikan kita kawal penjaringan bersama Polsek Sikakap, dan Koramil 04 Sikakap," katanya.


BACA JUGA