CDRM/CDS Bantu Wadah Cuci Tangan kepada Penyandang Disabilitas di Pagai

CDRMCDS Bantu Wadah Cuci Tangan kepada Penyandang Disabilitas di Pagai Via, salah seorang penyandang disabilitas di Pagai mendapat bantuan wadah cuci tangan dari CDRM & CDS (Foto : Leo/MentawaiKita)

MABULAU BUGGEI –Center For Disaster Risk Management dan  Community Development Studies (CDRM & CDS) salah satu lembaga swadaya masyarakat di Kecamatan Sikakap membagikan wadah air ember pakai keran, sabun dan masker  kepada penyandang disabilitas, lansia, ibu hamil dan rumah ibadah di Pagai Utara dan Pagai Selatan, Sabtu (27/6/2020).

Field Coordinator CDRM&CDS, Fared Sirileleu, menyebutkan memasuki tatanan hidup baru produktif dan aman Covid-19 perlu menjalankan protokol kesehatan. Untuk membantu masyarakat menjalankan protokol tersebut pihaknya memberikan sumbangan peralatan kepada masyarakat.

Bantuan yang diberikan kepada penyandang disabilitas lansia, ibu hamil dan rumah ibadah pada Juni berupa ember atau wadah air cuci tangan pakai keran sebanyak 600 unit, sabun 3000 batang dan masker kain sebanyak 5.000 helai.

“Bantuan ini langsung diantar ke rumah  penyandang distabilitas, lansia, ibu hamil, ibu menyusui dan ke rumah ibadah, bantuan ini sedang berjalan pendistribusian diangkut  dengan sepeda motor setiap hari," katanya kepada MentawaiKita.com, Sabtu (27/6/2020).

Sebelumnya, bantuan yang diberikan kepada masyarakat khususnya di  Pagai Utara, Pagai Selatan dan Sikakap sejak April yakni sabun untuk cuci tangan sebanyak 400 batang dan poster kesehatan 1000 lembar. Pada Mei bantuan sabun 3.000 dan masker 3.000. 

Bantuan tersebut berhasil dihimpun atas kerjasama CDRM &CDS dengan ACT Alliance merupakan organisasi gereja Kristen Protestan se-Dunia.

“Mudah-mudahan bantuan ini masih berlanjut hingga Juli, imbauan saya kepada masyarakat  di masa new normal ini aktifitas sehari-hari boleh berjalan juga beribadah tapi jangan lupa ikuti protokoler kesehatan agar virus ini cepat berlalu," ujarnya.

Via Siritoitet (38), salah satu penyandang disabilitas warga Mabulau Buggei Desa Saumanganya Kecamatan Pagai Utara menyambut baik dan berterimakasih atas bantuan ini.

“Sebelumnya saya tidak  pernah pikirkan perlu wadah atau ember air cuci tangan di depan rumah saya, karena sudah ada bantuan ini tentu saya hargai dan sangat  berguna juga  letaknya di depan halaman pintu rumah, kami sekeluarga dan yang bertamu wajib cuci tangan sebelum masuk rumah dan wajib pakai masker, adanya bantuan ini tentu harus disiplin dan belajar sadar cuci tangan," ujarnya.


BACA JUGA