Panwaslu Lakukan Rapid Test Sebelum Bertugas

Panwaslu Lakukan Rapid Test Sebelum Bertugas Pengambilan sampel rapid test anggota Panwaslu di Sikakap (Foto : Supri/MentawaiKita)

SIKAKAP—Sebanyak 13 anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan di Pagai Utara Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai melakukan rapid test sebelum memulai tugas tahapan Pemilihan Umum Gubernur Sumatera Barat di Sikakap, Jumat (26/6/2020).

Hasil test dari 13 anggota Panwaslu yang terdiri dari 6 dari Kecamatan Sikakap dan 7 dari Kecamatan Pagai Utara dinyatakan non reaktif.

Pengambilan sampel rapid test dilakukan satgas Pencegahan Penularan Covid-19 Kecamatan Sikakap tim kesehatan Puskesmas Sikakap.

Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar, mengatakan Panwaslu kecamatan merupakan pengawas tahapan pemilu di tingkat kecamatan, mereka bekerjasama langsung dengan Panitia Pemilihan Kecamata (PPK) sehingga perlu dilakukan langkah antisipasi penyebaran Covid-19

“Rapit test memang tidak menjamin apakah seseorang dinyatakan positif atau negatif Covid-19 yang bisa menentukan positif atau negatif Covid-19 adalah swab test,” katanya saat mengunjungi kegiatan rapid test yang didampingi Kepala Puskesmas Sikakap, Suratmi.

Alat rapit test disediakan langsung oleh Bawaslu Kabupaten Kepulauan Mentawai sementara dinas kesehatan menyediakan tenaga yang mengambil sampel.

Sarmen Sababalat, Ketua Panwaslu Kecamatan Pagai Selatan, mengatakan untuk melakukan pengawasan tahapan pemilu bersama PPK dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) mereka dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) dan rapit test.

"PPK dan PPS mulai Sabtu (27/6/2020) sudah mulai melakukan tahapan pemilu memverifikasi faktual pasangan independen calon Gubernur Sumatera Barat Drs H Fakhrizal M.Hum dengan Calon Wakil Gubernur Sumatera Barat Dr H Genius Umar S.sos. M.si sesuai informasi di Kecamatan Pagai Selatan ada 504 Kartu Tanda Penduduk (KTP) itu yang akan kita awasi nanti,'' katanya.

Sementara Ketua Panwaslu Kecamatan Sikakap, Ferdinand Salamanang, menyebutkan anggota siap bertugas setelah menjalani rapid test pada Jumat (26/6/2020).


BACA JUGA