Ini Syarat Naik Kapal Antar Pulau di Mentawai

Ini Syarat Naik Kapal Antar Pulau di Mentawai KLM Nade, salah satu kapal antar pulau di Mentawai sedang sandar di Pelabuhan Maileppet, Siberut Selatan, Mentawai. (Foto: Hendrikus Bentar/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Kapal antar pulau atau penyeberangan yang digunakan untuk mengangkut penumpang di wilayah Kabupaten Kapulauan Mentawai sudah tiga kali berlayar jelang berakhir PSBB III menuju penerapan tatanan hidup normal baru aman Covid-19 (new normal), sejak Minggu,(21/6/2020).

Di masa penerapan new normal saat ini, kapal antar pulau yang melayani penumpang mengitari Pulau Siberut, Sipora dan Pagai Utara Selatan masih berlayar sekali seminggu, biasanya dijadwalkan dua kali dalam seminggu.

"Untuk sementara sekali seminggu dulu, kita lihat perkembangan Covid-19 ke depan, kalau sudah benar masuk zona hijau, akan kembali jadwal reguler lagi," kata Tohap Nababan, Sekretaris Dinas Perhubungan Mentawai pada Selasa, (23/6/2020).

Rute layanan kapal penyeberangan tersebut tetap pada rute biasanya kapal tujuan Tuapeijat-Sikabalun akan melalui Maileppet, Saibi Samukop dan berhenti di Pelabuhan Pokai, Sikabalun, begitu juga dengan jadwal kapal rute Tuapeijat-Mabukku melalui Taileleu-Peipei-Malilimok-Tiop dan berhenti di Pelabuhan Maileppet setiap hari Selasa.

Sedangkan kapal rute menuju Sikakap juga berangkat pada setiap Selasa sekali sepekan melalui Sioban-Pasapuat dan berhenti di Pelabuhan Sikakap.

Syarat yang diperlukan dalam rangka penerapan protokol kesehatan di atas kapal yakni setiap penumpang harus menunjukkan surat keterangan berbadan sehat dari dokter atau petugas kesehatan yang resmi dengan membawa identitas (KTP, KK).

Untuk mendapatkan surat keterangan berbadan sehat dapat diperoleh atau diurus di posko kesehatan yang disiapkan tim gugus tugas atau satuan tugas di masing-masing pelabuhan dan bisa diurus sebelum jadwal keberangkatan.

Protokol kesehatan yang wajib dipatuhi penumpang adalah selalu menggunakan masker, jaga jarak antar antar penumpang, menghindari kerumunan serta memiliki tiket. 

BACA JUGA