Pemdes Taikako Salurkan BLT DD Tahap Dua dan Tiga

Pemdes Taikako Salurkan BLT DD Tahap Dua dan Tiga Pemdes Taikako, Muspika Sikakap dan warga berfoto bersama usai menyerahkan BLT DD yang memperlihatkan pelanggaran jaga jarak pada Protokol Kesehatan (Foto : Supri/MentawaiKita)

TAIKAKO—Pemerintah Desa Taikako, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTD DD) tahap dua dan tiga, Jumat (12/6/2020).

Penerima BLT DD kali ini mengalami penambahan 17 kepala keluarga dari awalnya berjumlah 127 kk menjadi 144 kk.

"Sesuai informasi dari Pemerintah Desa Taikako di pencairan BLT DD Taikako tahap kedua dan ketiga ada penambahan 17 KK,” kata Fransiskus Sakeletuk, Camat Sikakap, waktu penyerahan BLT DD Taikako di kantor Desa Taikako, Jumat (12/6/2020).

Fransiskus Sakeletuk menyebutkan  bantuan Covid-19 di Kecamatan Sikakap untuk masyarakat banyak macamnya, seperti Bantuan Tunai Sosial (BTS) Kementerian Sosial (Kemensos), Provinsi Sumatera Barat, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan BLT DD.

Camat meminta penerima bantuan mempergunakan dana tersebut sebaik mungkin untuk kebutuhan pokok keluarga.

"Harapan kami tidak ada lagi masyarakat Desa Taikako yang tidak mendapatkan bantuan, kalau belum ada yang mendapatkan bantuan data kembali dan usulkan kepada pemerintah supaya beliau mendapatkan bantuan, sebab kita semua terdampak akibat Covid-19," katanya.

Sementara Waka Polsek Sikakap, Ipda Yanuar yang hadir dalam acara itu meminta warga yang belum menerima bantuan tidak membuat keributan namun melaporkan hal itu kepada pemerintah desa. 

“Kalau ada yang tidak dapat sampaikan sebaik mungkin, jangan buat keributan, sebagai bukti Pemdes Taikako selalu menerima laporan dan menanggapi dengan baik, dipencairan BLT DD Taikako tahap dua dan tiga terdapat penambahan 17 kk,” katanya.

Kepala Desa Taikako, Juber, mengatakan dana yang diterima masyarakat sebanyak Rp1,2 juta sebab 1 bulan besar BLT Rp600 ribu yang dibayarkan 2 bulan sekaligus. Sementara keluarga yang baru ditambahkan yakni 17 kk mendapat bantuan Rp1,8 juta karena pembayarannya mulai April-Mei-Juni. Penerima lain telah mendapat BLT April pada pencairan tahap pertama.

"Penyaluran BLT langsung diberikan di kantor Desa Taikako, kalau ada yang tidak datang akan diantarkan ke rumah oleh Tim Relawan Covid 19 Desa Taikako,” kata Juber.

Marnida (62), penerima bantuan menyebutkan terbantu dengan bantuan yang diberikan oleh pemerintah.

“Dana ini akan kami pergunakan untuk keperluan sehari-hari, dan keperluan anak sekolah,” ucapnya.


BACA JUGA