162 Warga Muara Siberut Terima BLT Desa

162 Warga Muara Siberut Terima BLT Desa Hijon, Camat Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai menyerahkan dana BLT kepada salah seorang warga Muara Siberut, Sabtu (30/5/2020). (Foto: Hendrikus/Mentawaikita.com)

MUARASIBERUT-Pemerintah Desa Muara Siberut Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai membagikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) secara simbolis kepada warga penerima bantuan, Sabtu (30/5/2020). Tercatat ada 162 kepala keluarga yang masuk daftar penerima BLT.

Sekretaris Desa Muara Siberut Ali Handani mengatakan, Pemerintah Desa Muara Siberut membagikan BLT kepada warga dengan pembayaran tahap pertama senilai Rp600 ribu. Pembayaran berikut akan dibayarkan tahap selanjutnya.

Menurut Ali, ada enam jenis bantuan yang disalurkan kepada masyarakat di masa pandemik Covid-19 dengan penerima yang berbeda di tiap kategori yaitu BLT DD untuk 162 KK, bantuan sosial Kemensos 171 KK, bansos Pemerintah Provinsi Sumbar 257 KK, PKH 67 KK, bantuan Perindakop Kabupaten Mentawai  32 orang, bantuan Dinas Sosial 8 orang.

“ini menuntut kami agar selektif memeriksa data agar tidak adanya data yang sama, serta melihat apakah ada data PNS,TNI dan pengusaha, jika ada akan dikeluarkan," Kata Adi Hamdani kepada Mentawaikitacom Sabtu (30/5/2020).

Camat Siberut Selatan, Hijon, mengatakan masyarakat harus memahami siapa saja yang masuk kategori penerima BLT, data di lapangan juga harus akurat agar tidak ada persoalan. “Saya juga berharap kepada kepala dusun harus terbuka datanya harus dilihat masyarakat agar tidak ada yang disalahkan,” katanya.

"Bagi PNS dan yang mendapat bantuan lain dari pemerintah tak boleh lagi dapat Di BLT dan saya juga berharap pembagian BLT ini berjalan lancar, dan jika ada informasi jangan ditutup-tutupi, dan tahap berikutnya juga akan dibagikan tanpa ada masalah, jika ada masalah di lapangan mari kita bicarakan dan diskusikan jangan lapor dulu,"k ata Hijon.

Ketua BPD Desa Muara Siberut, Sopian Siberut berharap setelah penyerahan simbolis, penyerahan BLT langsung dibagikan ke warga. "Untuk data memang belum ditempel namun itu bisa dijelaskan, dan warga yang belum dapat masyarakat mohon bersabar, dan nanti akan dibagikan langsung ke rumah masyarakat,dan kita dari BPD akan kawal pembagian BLT ini dari rumah ke rumah," kata Sopian.


BACA JUGA