Pasar Masabuk Sikakap Jadi Kampung Percontohan New Normal

Pasar Masabuk Sikakap Jadi Kampung Percontohan New Normal Sosialisasi new normal di Pasar Masabuk, Sikakap, Mentawai. (Foto: Supri/Mentawaikita.com)

SIKAKAP--Pasar Masabuk di Dusun Sikakap Barat, Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai akan dijadikan kampung percontohan new normal di Kecamatan Sikakap. New normal merujuk pada dunia baru (kehidupan baru) yang dijalankan masyarakat dengan menerapkan standard kesehatan yang mencegah penyebaran Covid-19

Pengunjung atau pedagang yang mau berjualan di Pasar Masabuk diwajibkan pakai masker, menjaga jarak minimal 1 meter sampai 2 meter, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, dan pengecekan suhu tubuh.

Supaya masyarakat tahu pasar pagi akan dijadikan kampung percontohan new normal, Polsek Sikakap, Koramil Sikakap, Satpol PP, dan tim kesehatan Puskesmas Sikakap melakukan sosialisasi, Jumat (29/5/2020). "Sebelum memasuki new normal, yang harus disiapkan adalah masyarakat harus tahu apa yang," kata Ipda Yanuar, Wakapolsek Sikakap usai sosialisasi.

Sebelum memasuki new normal, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai memperpanjang PSBB sampai 7 Juni, tujuannya untuk menyiapkan semua apa yang diperlukan waktu diberlakukan new normal.

"Agar kesadaran masyarakat timbul waktu diperlakukan new normal sesuai perintah Pemerintah Pusat dan Kapolri diperlukan kampung percontohan, karena aktivitas masyarakat Kecamatan Sikakap berlangsung tiap hari di pasar, melihat hal itu maka dipilihlah Pasar Masabuk di Dusun Sikakap Barat sebagai kampung percontohan, katanya.

Camat Sikakap Fransiskus Sakaletuk mengatakan, supaya pelaksanaan new normal berjalan sesuai dengan yang diharapkan dibutuhkan sekali kerjasama semua pihak terutama sekali kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

"Kkalau sudah diberlakukan new normal tentu akan ada pelonggaran pada bidang tertentu seperti transportasi, walaupun ada pelonggaran tapi tetap berpatokan pada protokol kesehatan," katanya.

BACA JUGA