Pemdes Sikabaluan Bagikan BLT DD Tahap II

Pemdes Sikabaluan Bagikan BLT DD Tahap II Aparat Pemdes Sikabaluan menyerahkan BLT DD kepada salah seorang warga yang sedang sakit (Foto : Bambang/MentawaiKita)

SIKABALUAN-Pemerintah Desa Muara Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai membagikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD)  tahap II (Mei 2020) secara langsung ke rumah penerima, Jumat (29/5/2020). 

"Realisasi untuk kali ini untuk bulan kedua yaitu bulan Mei," kata Kepala Desa Muara Sikabaluan, Aprijon pada Mentawaikita.com, Jumat (29/5/2020).

Masyarakat penerima bantuan tahap II di Desa Sikabaluan sebanyak 148 kepala keluarga yang tersebar di lima dusun yakni Dusun Muara, Dusun Nangnang, Dusun Pokai, Dusun Puran dan Dusun Bose.

Sistem pembagian pada masyarakat yang terdaftar sebagai penerima BLT dari dana desa yakni pihak desa membentuk tim pembagian diantaranya tim di Dusun Nangnang, Muara, Pokai, Bose dan Puran.

Darman Salelenggu, salah seorang warga Dusun Nangnang yang menerima BLT DD mengaku berterima kasih karena hampir setahun dia tidak bisa beraktifitas karena sakit.

"Ini sangat membantu biaya hidup kami", katanya.

Pada pencairan dana tahap pertama BLT DD, jumlah penerima di Desa Muara Sikabaluan hanya 127 kepala keluarga. Jumlah tersebut bertambah karena data lansia (lanjut usia) yang sebelumnya diminta Dinas Sosial Mentawai untuk diberikan bantuan tunai sebanyak 20 orang ternyata setiap bulannya hanya menerima Rp300 ribu.

"Akhirnya kita sepakati untuk data lansia kita tarik untuk kita masukkan didalam data penerima BLT DD dengan membuat peraturan perubahan daftar penerima dari 127 kepala keluarga menjadi 148 kepala keluarga," kata Aprijon.

Untuk 20 kepala keluarga tersebut langsung dibayarkan dua bulan, yaitu April dan Mei yang masing-masing menerima Rp600 ribu per bulan. 

BACA JUGA