Pemdes Malancan Cairkan BLT DD, Tinggal Dua Desa di Siberut Utara yang Belum Realisasikan BLT

Pemdes Malancan Cairkan BLT DD Tinggal Dua Desa di Siberut Utara yang Belum Realisasikan BLT Ilustrasi Mentawaikita.com

SIKABALUAN-Pemerintah Desa Malancan Kecamatan Siberut Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi desa keempat yang mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari dana desa kepada masyarakat pada sembilan dusun yang ada. Diantaranya di Dusun Sinaki, Kelak Bunda, Langgurek, Malancan, Bakla, Ukra, Sirilanggai, Sibeuotcun dan Terekanhulu.

"Sudah kita realisasikan pada masyarakat yang menerima bantuan pada 9 dusun," kata Sekretaris Desa Malancan, Urbanus Saumanuk pada Mentawaikita.com, Jumat (29/5/2020).

BLT tersebut dibagikan kepada 193 kepala keluarga dan diantar langsung oleh pemerintah desa pada masyarakat sasaran penerima bantuan BLT dari dana desa. "Termasuk Gorottai sebagai kampung kecil tetap langsung kita antar," katanya.

Untuk Desa Malancan, BLT Dana Desa yang direalisasikan kepada masyarakat sebanyak dua bulan, yaitu April dan Mei yang masing-masing Rp600 ribu per kepala keluarga per bulan.

Camat Siberut Utara, Agustinus Sab mengatakan untuk saat ini tinggal dua desa yang belum merealisasikan penyaluran BLT dari dana desa, yaitu Desa Sirilogui dan Desa Monganpoula.

"Untuk Sirilogui mereka sudah melakukan pencairan BLT DD dan tinggal mencari waktu untuk menyerahkannya kepada masyarakat. Sementara Monganpoula pihak kecamatan belum ada informasi kapan akan direalisasikan kepasa masyarakat," katanya.

Dikatakan Agustinus, desa yang sudah merealisasikan penyaluran BLT dari Dana Desa kepada masyarakat diantaranya Desa Muara Sikabaluan sebanyak satu bulan, Desa Sotboyak sebanyak dua bulan, Desa Bojakan sebanyak dua bulan dan Desa Malancan sebanyak dua bulan.

"Untuk Bojakan pihak pemerintah desa tinggal mencari waktu untuk menyalurkannya ke Dusun Lubaga dan Baik karena akses yang jauh dan sulit," katanya. 


BACA JUGA