89 Warga Desa Bojakan Terima Bantuan PKH Periode April-Mei

89 Warga Desa Bojakan Terima Bantuan PKH Periode AprilMei Ibu-ibu warga Desa Bojakan yang menerima PKH sedang mengantre pencairan dana. (Foto: Bambang/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Sebanyak 89 warga Desa Bojakan Kecamatan Siberut Utara Kepulauan Mentawai yang terdiri dari Dusun Bojakan, Dusun Lubaga dan Dusun Bai' menerima bantuan PKH (Program Keluarga Harapan) untuk periode April dan Mei.

"Yang kita realisasikan saat ini dua bulan," kata Hendri, pendamping PKH di Bojakan pada Mentawaikita.com, Jumat (29/5/2020).

Lebihlanjut dijatakan Hendri, biasanya realisasi bantuan PKH dilakukan per triwulan atau per tiga bulan. Namun karena dampak Covid-19, pemerintah mengintruksikan agar pembayaran PKH dari April hingga Desember dilakukan setiap bulan.

"Jadi sudah dibagi dari komponen besar bantuan yang ada di tiap keluarga yang biasanya menerima sekali tiga bulan menjadi per bulan," katanya.

Dikatakan Hendri, besaran bantuan PKH yang diterima masyarakat tidak sama besar seperti bantuan BLT DD, Kemensos atau BLT Pemerintah Provinsi namun berdasarkan komponen yang ada didalam keluarga. Komponen bantuan PKH yaitu ibu hamil, balita, usia SD, SMP, SMA, lansia dan disabilitas.

"Seperti sekarang ini yang kita realisasikan sebanyak dua bulan, yang paling besar itu Rp2,1 juta dan terkecil Rp450 ribu," katanya.

Kepala Desa Bojakan, Sudirman Amon mengatakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat hendaknya disimpan atau dimanfaatkan sesuai dengan peruntukannya karena bantuan PKH ini tidak hanya saat covid-19 namun sudah berjalan lima tahun di Desa Bojakan.

"Uang yang ada itukan untuk gizi anak, untuk pendidikan maka dimanfaatkan sesuai dengan peruntukannya," katanya.

Camat Siberut Utara, Agustinus Sab mengatakan bantuan PKH secepatnya direalisasikan kepada masyarakat sesuai petunjuk dan teknis pendistribusian.

"Kalau penyalurannya tiap bulan, ya lakukan tiap bulan. Jangan ditahan karena aturannya jelas bahwa selama covid-19 penyalurannya dilakukan perbulan", katanya pada Mentawaikita.com, Jumat (29/5/2020). 


BACA JUGA