Pemdes Sikakap Bagikan BLT Desa Tahap 1

Pemdes Sikakap Bagikan BLT Desa Tahap 1 Camat Sikakap, Fransiskus Sakeletuk membagikan BLT Desa Sikakap secara simbolis kepada warga (Foto : Supri)

SIKAKAP-Pemerintah Desa (Pemdes) Sikakap,  Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa  tahap pertama  kepada 310 kepala keluarga (kk) pada Kamis (21/5/2020).

BLT yang dibagikan sebanyak Rp600 ribu per kk untuk periode bulan April.

"Besar  BLT DD Sikakap yang dibagikan sekarang Rp186 juta untuk 310 kk wargra Desa Sikakap yang terdampak Covid-19,"kata San Andi Iklas, Kepala Desa Sikakap pada hari yang sama.

San Andi Iklas menyebutkan jumlah kk di Desa Sikakap sebanyak 1.375 kepala keluarga yang sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah  sebanyak 943 KK, terdiri dari bantuan Kementerian Sosial (Kemensos) 394 kk, Program Keluarga Harapan (PKH) 116 kk, bantuan dari Provinsi Sumatera Barat 68 kk, Bantuan Sembako 305 kk, dan Perindagkop 60 kk.

"Bagi yang menerima BLT DD Sikakap waktu pencairan membawa foto Kopi Kartu Tanda Penduduk atau foto kopi Kartu Keluarga,"katanya.

Fransiskus Sakeletuk, Camat Sikakap, mengatakan bantuan yang disalurkan oleh Pemdes Sikakap merupakan bantuan langsung yang dananya diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Camat Sikakap meminta kepada kepala dusun dan kepala desa mendata ulang warganya yang belum mendapatkan bantuan akibat dampak Covid 19 supaya bisa diusulkan kembali untuk menerima bantuan.

"Akibat Covid-19 banyak warga yang tidak bisa melakukan kegiatan apalagi sekarang ini Kabupaten Kepulauan Mentawai masih memperlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dalam PSBB semua kegiatan masyarakat di batasi seperti pedagang hanya bisa buka sampai pukul 20.00 WIB jangan gunakan uang bantuan untuk beli rokok tapi pergunakan sebaik mungkin untuk keperluan sehari-hari,"katanya.

Lisken (58),salah seorang penerima BLT DD Sikakap, mengatakan uang BLT yang diterima sekarang Rp600 ribu.

"Rencananya dana ini akan dipergunakan untuk keperluan sehari-hari," katanya.

BACA JUGA