Pemerintah Desa Simatalu Salurkan BLT untuk 314 Warga Terdampak Covid-19

Pemerintah Desa Simatalu Salurkan BLT untuk 314 Warga Terdampak Covid19 Penyerahan BLT DD Simatalu kepada perwakilan masyarakat. (Foto : dokumentasi Camat Siberut Barat)

SIKABALUAN-Pemerintah Desa Simatalu Kecamatan Siberut Barat Kepulauan Mentawai mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa untuk 314 warga terdampak Covid-19 di Kantor Desa secara simbolis, Kamis (21/5/2020).

Camat Siberut Barat, Jop, mengatakan penyaluran BLT DD diantar langsung ke rumah masyarakat calon penerima bantuan agar tidak terjadi kerumunan di kantor desa yang melanggar aturan PSBB dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19. "Tadi pagi dibuka secara simbolis dan tim desa langsung menyebar ke 13 dusun yang ada di Desa Simatalu," katanya pada Mentawaikita.com, Kamis (21/5/2020).

Lebih lanjut dikatakan Jop, BLT DD yang disalurkan sebanyak dua tahap yaitu April dan Mei yang jumlahnya masing-masing Rp600 ribu per bulan. "Langsung dua bulan, yaitu April dan Mei," katanya.

Hingga hari ini, dua desa di Siberut Barat sudah menyalurkan BLT DD yaitu Desa Simalegi untuk bulan April dan Mei kepada 192 kepala keluarga dan di Desa Simatalu 314 kepala keluarga untuk dua bulan. "Tinggal satu desa lagi yaitu Desa Sigapokna," katanya.

Untuk kelanjutan BLT DD setelah realisasi pembayaran selama tiga bulan, dari April, Mei dan Juni, pihak pemerintah RI kembali mengeluarkan Permenkeu No. 50/PMK.07/2020 Tentang Perubahan ke dua atas Peraturan Menteri Keuangan No.205/PMK.07/2019 Tentang Pengelolaan Dana Desa dimana akan ada kelanjutan BLT selama tiga bulan dari Juli, Agustus, September. "Namun besarannya tidak lagi Rp600 ribu per bulan, tapi Rp300 ribu per bulan selama 3 bulan," katanya.

Hal yang sama dikatakan Kepala Desa Muara Sikabaluan Kecamatan Siberut Utara, Aprijon. Dikatakan Aprijon, terkait Permenkeu No.50/PMK.07/2020 tinggal menunggu petunjuk teknis dari Kabupaten Mentawai. "Setelah ada petunjuk teknis dari Bupati, Desa bersama BPD akan duduk kembali untuk melakukan perubahan Perkades BLT DD dan Perubahan anggaran 2020," katanya. 

BACA JUGA