Anggota Polres Mentawai Positif Covid-19 Terkonfirmasi

Anggota Polres Mentawai Positif Covid19 Terkonfirmasi Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Mentawai, Yudas Sabaggalet saat konferensi pers, Rabu (20/5/2020). (Foto: Patrisius/Mentawaikita.com)

TUAPEIJAT-Data akumulatif pasien positif  terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Mentawai kembali bertambah menjadi 6 orang. Pasien positif seorang pria berusia (25) tinggal di Kilometer 9 Tuapeijat, Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara.

"Ada penambahan pasien positif terkonfirmasi seorang pria berusia 25 tahun bekerja di Mentawai," kata Lahmuddin Siregar, Kepala Dinas Kesehatan Mentawai sekaligus juru bicara perkembangan pencegahan penyebaran Covid-19 (Corona Disease-19) di Mentawai pada Rabu(20/5/2020).

Diketahui bahwa satu orang pasien positif Covid-19 tersebut adalah seorang anggota Polres Mentawai, tinggal di Kilometer 9 Tuapeijat, Sipora Utara yang tiba di Mentawai pada Senin, (4/5/2020) melalui kapal penyeberangan ASDP. Pasien positif tersebut dari Padang yang merupakan aparat yang dikecualikan dalam Permenhub 25 tahun 2020 yang bisa melakukan perjalanan tanpa pembatasan.

Pasien positif Covid-19 tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab di Laboratorium Diagnostik Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand yang keluar pada Kamis, (20/5/2020).

Sebelumnya pasien tersebut mengikuti skrining awal (rapid rest) dilanjutkan swab test (PCR) dan diketahui positif terkonfirmasi positif Covid-19 dan diumumkan Gugus Tugas Mentawai pada Rabu, (20/5/2020). Kini pasien tersebut sedang diisolasi di RSUD Mentawai dan terkait adanya pasien dari anggota Polres tersebut, semua personil Polres Kepulauan Mentawai akan melakukan swab test.

Hari ini juga tim Gugus Tugas Mentawai mengumumkan adanya pasien yang telah dinyatakan sembuh, seorang mahasiswa Mentawai kuliah di Jakarta asal Dusun Sagitci, Desa Nemnemleleu, Sipora Selatan yang tiba di Mentawai pada Minggu, (29/3/2020).

Sebaran pasien positif di Kabupaten Kepulauan Mentawai saat ini 1 orang berada di Dusun Pogari, Desa Goiso Oinan, Sipora Utara, kemudian satu orang dari Dusun Sao, Desa Bosua, Sipora Selatan, satu orang dari Dusun Tuapeijat, satu orang lagi dari Desa Sipora Jaya dan seorang pasien pertama dan pasien kedua asal Dusun Goiso Oinan dan Sagitci sudah dinyatakan sembuh. 

BACA JUGA