258 KK Warga Desa Saumanganya Pagai Utara Terima BLT Desa

258 KK Warga Desa Saumanganya Pagai Utara Terima BLT Desa Seorang warga Desa Saumanganya menerima BLT. (Foto: Leo/Mentawaikita.com)

SAUMANGANYA- Sebanyak 258 keluarga (KK) warga Desa Saumanganya Kecamatan Pagai Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa, Senin (18/5/2020). Besaran bantuan yang diterima Rp600 ribu per KK untuk periode bantuan April-Juni 2020.

Kepala Desa Saumanganya, Magdarlis, mengatakan warga yang mendapat BLT adalah mereka yang terdampak Covid-19 yang tersebar di 18 dusun. "Data tersebut dari masing-masing dusun setelah diverifikasi beberapa kali, maka jumlah yang menerima BLT sebanyak 258 KK selama 3 bulan.

Selain penerima BLT Desa 258 KK tersebut, juga sudah ada 303 KK yang diusulkan mendapat bantuan Kemensos dan 125 KK menerima bantuan Pemerintah Provinsi Sumbar.

Semua warga yang mendapat bantuan tersebut diluar ASN, aparatur desa, penerima PKH dan bantuan sembako. Total jumlah warga Saumanganya keseluruhan, 1.087 KK.

Pembayaran BLT kepada warga  baru dibayarkan untuk periode satu bulan (April) karena dana desa tahap dua belum cair, sisanya untuk bulan Mei dan Juni menunggu pencairan dana sekira akhir Juni atau Juli,” katanya, Senin (18/5/2020).

Dana BLT tersebut, menurut Magdarlis, diambil dari 35 persen dana desa yang ada tahun ini sesuai aturan pemerintah. Anggaran Desa  Saumanganya yang baru cair dari APBN sebesar Rp609,3 juta atau 40 persen.

“Anggaran ini selain untuk BLT dan penanganan Covid-19 juga untuk pembangunan dua unit gedung Paud , gorong-gorong dan rabbat beton, anggaran tersebut sudah disetujui oleh BPD dan Camat Pagai Utara,” jelasnya.

Salah seorang warga penerima BLT dari Mabulau-Buggei, Ermanus Saleleubaja (65) bersyukur telah mendapat bantuan meski belum semuanya dicairkan.

Sementara Camat Pagai Utara, Ursinus, menyebutkan Kecamatan Pagai Utara meliputi 3 desa yakni Saumanganya, Silabu dan Betumonga. Desa yang sudah diverifikasi dan mencairkan bantuan baru Saumanganya. “Silabu baru hari ini datanya kita validasi, dalam minggu ini BLT sudah dicairkan ke warga Silabu 189 KK sementara Betumonga masih perbaikan data, mudah-mudahan selesai minggu ini,” katanya.

BACA JUGA