Dua Hari Berakhir Tanggap Darurat, Data Kerugian Banjir Belum Masuk

Dua Hari Berakhir Tanggap Darurat Data Kerugian Banjir Belum Masuk Banjir di pemukiman warga di Siberut Utara, Mentawai. (Foto: Bambang/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Menjelang berakhirnya masa tanggap darurat banjir di lima kecamatan di Pulau Siberut, pada 10 Mei 2020, data kerugian akibat banjir bandang yang terjadi minggu lalu belum juga masuk dari pemerintah desa.

"Belum ada yang masuk datanya di kecamatan hingga hari ini,” kata Sekretaris Camat Siberut Utara, Immanuel pada Mentawaikita.com, Jumat (8/5/2020).

Dikatakan Immanuel, pihak kecamatan sudah memberikan format pendataan pada Sabtu, 2 Mei 2020 saat tim kecamatan berhasil masuk untuk memberikan bantuan dapur umum dibeberapa wilayah, diantaranya di Desa Malancan dan Mongqnpoula.

"Kita sudah sampaikan. Saat ketua tim tanggap darurat bencana banjir datang sudah menyampaikan pada kepala desa yang hadir pada kunjungan wakil bupati," katanya.

Camat Siberut Utara, Agustinus Sab mengatakan hingga dua hari terakhir masa tanggap darurat data kerugian akibat banjir belum ada yang dilaporkan pihak desa ke kecamatan sesuai permintaan wakil bupati. "Belum ada yang masuk. Kita sudah berulang kali sampaikan dan belum ada hasil hingga sekarang," katanya.

Sementara, dalam pemantauan lapangan yang dilihat tim tanggap darurat bemcana banjir Kecamatan Siberut Utara, kerusakan barang elektronik, peralatan rumah tangga, kehilangan ternak, kerusakan tanaman sangat banyak. "Kalau belum masuk maka kecamatan langsung turun untuk melakukan pendataan karena batas pelaporannya tanggal 10 Mei," katanya.

Wakil Bupati Mentawai, Kortanius Sabeleake selaku Ketua Tim Tanggap Darurat Bencana Banjir Mentawai  saat kunjungan ke Siberut Utara untuk melakukan pemantauan dan pemberian bantuan bencana banjir menegaskan pada kepala desa untuk melakukan pendataan soal kerugian akibat banjir.

"Pelaporannya diterima sebelum habis masa tanggap darurat. Semua kerugian akibat dampak banjir untuk didata dan dilaporkan kepada kecamatan untuk dilanjutkan ke kabupaten," katanya.

Daerah yang terdampak bencana banjir di Kecamatan Siberut Utara diantaranya di Desa Bojakan yaitu Dusun Bojakan, Lubaga dan Bai', di Desa Sotboyak diantaranya Dusun Sotboyak, Maseai, Simanene, di Desa Monganpoula diantaranya di Dusun Monganpoula Barat, Monganpouka Timur dan Monganpoula Selatan, di Desa Muara Sikabaluan yaitu Dusun Muara dan Dusun Nangnang, di Desa Malancan diantaranya Kelakbunda, Sinaki, Langgurek, Bakla, Malancan, Ukra, Sirilanggai dan Sibeuotcun. 

BACA JUGA