Pastikan Siswa Belajar, Wali Kelas Datangi Rumah Siswa

Pastikan Siswa Belajar Wali Kelas Datangi Rumah Siswa Rika Irawati, wali kelas V SDN 01 Sikakap memeriksa tugas yang dikerjakan muridnya di rumah (Foto : Supri/MentawaiKita)

SIKAKAP—Wali Kelas di SDN 01 Sikakap, Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai mendatangi rumah setiap siswa sekali seminggu untuk memastikan mereka belajar di rumah sesuai dengan instruksi Bupati Kepulauan Mentawai Nomor 420/158/ BUP tentang Pelaksanaan Kegiatan Belajar di rumah Untuk Siswa SMP, SD, TK/PAUD wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Untuk memastikan apakah siswa tetap melakukan kegiatan di rumah, saya wali kelas V SDN 01 Sikakap setiap hari melakukan kegiatan kunjungan ke rumah siswa," kata Rika Irawati, wali kelas V SDN 01 Sikakap kepada MentawaiKita.com, Kamis (7/5/2020).

Rika Irawati, menyebutkan sehari sebelum pelaksanaan belajar di rumah, mereka telah memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah.

Untuk memastikan apakah siswa yang diberikan tugas sekolah mengerjakannya sesuai imbauan kepala sekolah wali kelas harus memantau kegiatan siswa dengan cara datang ke rumah, bahkan kunjungan kerumah ada juga didampingi oleh kepala sekolah.

"Karena sekarang tidak ada lagi kegiatan di sekolah termasuk ujian kenaikan kelas, untuk ujian kenaikan kelas, siswa kita minta untuk membuat soal sendiri sebanyak 10 soal, dan soal tersebut akan kita tanyakan kembali kepada siswa tersebut, itulah nilai yang akan menjadi penentu siswa naik kelas ditambah nanti nilai lapor mid semester," ujarnya.

Anisah Pridayati Fauziah, siswa kelas V SDN 01 Sikakap, membenarkan Rika Irawati wali kelasnya datang ke rumah mengecek tugas yang diberikan. Anisah menyebutkan tugas yang sudah selesai dikerjakan langsung dikumpulkan oleh ibu guru.

"Untuk ujian semester kata ibu guru tidak ada lagi, tapi Anisah disuruh untuk membuat soal sebanyak 10 soal per mata pelajaran, dan ibu Rika Irawati akan datang lagi Kamis (14/5/2020), kedatangan ibu wali kelas sekarang juga memberikan Anisah 2 helai masker," katanya.


BACA JUGA