Dilanda Banjir, Satu Unit Rumah di Sotboyak Bergeser

Dilanda Banjir Satu Unit Rumah di Sotboyak Bergeser Camat Siberut Utara Agustinus Sab meninjau warga Sotboyak yang terkena banjir, Minggu (3/5/2020). (Foto: Bambang/Mentawaikita.com)

SIKABALUAN-Banjir yang melanda Desa Sotboyak Kecamatan Siberut Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai mengakibatkan satu unit rumah warga bergeser dari pondasi karena kuatnya arus air.

"Ada satu rumah yang lepas dari sandi, warga akan gotong royongkan memperbaiki rumah itu bersama termasuk pembersihan fasilitas umum dan kebersihan lingkungan, " kata Jalimin, Kepala Desa Sotboyak, Minggu )3/5/2020).

Saat ini masyarakat masih membersihkan rumah masing-masing dari sisa sampah banjir, membersihkan fasilitas umum, rumah ibadah.

Untuk kerusakan lainnya dikatakan Jalimin berupa alat elektronik, peralatan rumah tangga masyarakat banyak yang rusak. "Jembatan yang bergeser sudah dilakukan perbaikan sementara waktu untuk memudahkan akses masyarakat," katanya.

Camat Siberut Utara, Agustinus Sab saat melakukan monitoring di Desa Sotboyak mengharapkan pemerintah desa dan dusun dapat melakukan kerjasama guna menjaga ketentraman dan kebersihan lingkungan di tengah masyarakat.

"Dalam rangka tanggap darurat bantuan dari pihak pemerintah akan menyusul dari Tuapeijat. Saat ini kapal yang membawa bantuan masih terkendala cuaca," katanya.

Sementara di Desa Monganpoula, dikatakan Kepala Desa Monganpoula, Asrul Sani saat ini masyarakat sudah kembali ke rumah masing-masing dan sedang membersihkan rumahnya dari sisa sampah.

"Kita minta masyarakat untuk fokus membersihkan rumahnya. Nantinya kita akan cari waktu untuk membersihkan dan memperbaiki fasilitas umum," katanya.

Terkait data kerusakan dan kerugian yang terjadi akibat banjir bandang yang melanda desa diwilayah kecamatan Siberut Utara sedang dalam tahap pengumpulan data oleh pemetintah dusun di tengah masyarakat.  

BACA JUGA